Blog categories
Blog search

Fungsi Otak Kiri dan Otak Kanan, Yuk Ketahui Perbedaannya

Posted on2 Years ago 247

Otak merupakan organ vital yang ada di tubuh manusia. Bisa dikatakan otak adalah salah satu organ yang sangat penting. Otak terbagi menjadi dua bagian yang memiliki fungsi berbeda, bagian tersebut ialah otak kanan dan otak kiri.

Meski terlihat memiliki bentuk yang mirip namun ternyata kedua belah otak ini sangat berbeda loh. Otak kiri bertanggung jawab untuk mengontrol sisi bagian kanan, sementara otak kanan bertanggung jawab dalam mengontrol sisi kiri tubuh.

Selain itu apa saja sih perbedaannya?

Otak Kiri

Otak bagian kiri disebut-sebut sebagai otak yang memiliki sisi akademis dan logis.  Oleh karena itu setiap hal yang dikaitkan dengan logika berarti itu memakai otak kiri. Otak kiri biasanya sangat akrab dengan angka- angka seperti matematika, keterampilan ilmiah. Menganalisa sesuatu, hingga kemampuan untuk mempertimbangkan sesuatu. 

Pernahkah kamu melihat ada temanmu yang sangat menyukai matematika? Atau mungkin ada temanmu yang menyukai pelajaran sains? Atau mungkin ia menyukai kegiatan yang mengharuskannya menganalisa sesuatu? Nah boleh jadi teman mu ini merupakan si otak kiri, atau dominan menggunakan otak kiri.

Otak Kanan

Otak bagian kanan disebut-sebut sebagai otak kreatif, yang berarti otak kanan memiliki daya imajinasi yang kuat. Otak kanan biasanya sangat akrab dengan hal seni, musik, kreatifitas, intuisi, serta memiliki emosi dan empati.

Kalau kamu pernah melihat temanmu yang menyukai melukis, menari, atau mungkin memiliki keunikan tersendiri dalam mengekspresikan tugas seni, mungkin dia salah satu orang yang dominan dalam menggunakan otak kanan. Seni sangat menarik untuk dirinya!

Walaupun beberapa teman mu terlihat sangat menonjol di sebagian otak bukan berarti sebagian otak lainnya tidak berfungsi ya, itu pemahaman yang sangat salah. Meskipun banyak orang yang dominan di salah satu otak, tetapi kinerja otak akan selalu berjalan beriringan. Tentunya kedua belah otak tersebut berfungsi dan menciptakan keselarasan dalam berfikir yang membuat seseorang dapat mengerjakan berbagai hal meskipun itu hal logis maupun kreatif. 

Narimaya sebagai platform yang dibuat khusus untuk mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal menuju ranah yang lebih digital. Mempermudah proses administrasi yang tersimpan secara aman dalam satu dasbor online mulai dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pembayaran uang sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan dilengkapi toko online yang dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan pendidikan melalui koperasi online. Tak hanya itu Narimaya juga menyediakan platform peminjaman buku perpustakaan melalui E-library dengan notifikasi pesan secara otomatis melalui Whatsapp.

 

Dapatkan juga domain pribadi yang bisa digunakan sebagai website Sekolah, Bimble, ataupun Universitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan baik itu sebagai media informasi maupun sebagai media komunikasi untuk murid, orang tua, maupun publik. 

 

Mari bergabung dengan Narimaya demi mewujudkan efisiensi pengelolaan administrasi lembaga secara GRATIS. 

 

Narimaya solusi digital sistem transaksi keuangan lembaga pendidikan. 

Menu