Blog categories
Blog search

Kesulitan Dalam Belajar? Yuk Kenali Jam yang Tepat Untuk Belajar

Posted on2 Years ago 427

Kalau kamu termasuk orang yang merasa kesulitan ketika belajar, mungkin kamu belum mengetahui kapan waktu yang efektif untuk belajar nih. Waktu belajar dikatakan efektif apabila kamu merasa nyaman dan produktif di waktu tersebut.

Manajemen waktu sangat diperlukan saat ini, kamu harus bisa mengolah waktumu dengan bijak agar setiap waktu yang kamu miliki dapat dialokasikan dengan baik, dan menjadikan kamu lebih produktif.

Tanpa berbasa basi lagi langsung aja yuk kita bahas kira-kira kapan saja ya waktu yang cocok untuk belajar?

Bangun Lebih Pagi 

Tahu tidak ternyata bangun pagi dapat menambah mood mu loh, yang nantinya akan berpengaruh ke dalam proses belajarmu. Kenapa ya alasannya? Ternyata ketika bangun pagi tubuh mu akan melepaskan hormon endorfin untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, sehingga lebih bahagia.

Terkadang kita memerlukan sejumput kebahagiaan untuk membentuk mood dalam belajar kan? Maka salah satu caranya yaitu dengan bangun pagi. Bangun lah sekitar jam 6 pagi lalu pergi keluar sebentar untuk menghirup udara segar agar otak mu merasa tersegarkan.

Pada jam 7 - jam 9 pagi

Pada jam segini kamu akan merasakan semangat pagi yang luar biasa. Untuk itu belajar di jam segini baik untuk mu, karena dengan semangat dan antusias yang masih tinggi akan lebih mudah bagi kamu untuk memahami pelajaran. Ketika kamu memutuskan belajar di jam ini jangan lupa memulai terlebih dahulu pelajaran yang menurutmu mudah untuk dipelajari, agar mood belajar dapat terus terjaga.

Belajar di jam 9 - jam 10 pagi 

Belajar pada jam segini kamu sedang berada di waktu paling produktif. Pada jam 9 sampai dengan jam 2 siang. kamu ada di waktu kreatif. Pada jam ini otak kita akan terfokus pada hal-hal yang sedang kita kerjakan. Otak akan lebih terfokus pada hal-hal yang penting dan memerlukan konsentrasi tinggi.

Belajar di Jam 11 - 12 siang

Wah jam-jam ini adalah jam-jam rawan nih, alias jam rawan ngantuk. Pasti banyak diantara kalian yang tidak tahan dalam menahan kantuk di jam segini kan? Dilema antara melanjutkan belajar atau harus beristirahat saja ya? Bahkan terkadang konsentrasi buyar ketika tiba-tiba saja ada suara perut yang terdengar. Seperti yang kita tahu ini jam mendekati jam makan siang. Meskipun demikian kamu harus tetap fokus ya, terlebih jika kamu belum menyelesaikan tugas-tugasmu tahan dulu ya untuk makan siangnya, kerjakan tugas terlebih dahulu agar setiap tugas tidak menumpuk. 

Jam 2 siang - jam 3 siang 

Kamu sadar gak sih? Ketika jarum jam sudah menunjukan pukul 2 siang sampai dengan pukul 3 siang rasa kantuk lebih terasa. Terlebih lagi jika kita baru saja melangsungkan makan siang. Ternyata pada jam segini aliran darah ke otak sedang menurun, akhirnya kamu jadi susah fokus dalam belajar. Untuk itu pada jam segini lebih baik kamu istirahat sejenak untuk merefresh tubuh mu. 

Jam 3 - 6 sore

Setelah beristirahat, kondisi tubuhmu akan kembali segar dan siap untuk melakukan berbagai hal. Kamu bisa gunakan jam ini untuk kembali melanjutkan belajar atau jika kamu membutuhkan sedikit lagi penyegaran, tidak ada salahnya untuk memulai olahraga kecil di jam segini. Tapi jangan lupa harus bereskan tugas-tugas sekolah maupun kampus mu dulu ya!

Jam 6 sore sampai jam 9 malam

Biasanya di jam segini tubuh kita sudah merasa sedikit kelelahan, oleh karena itu akan lebih baik untuk kita beristirahat. Kamu bisa melakukan hal-hal yang membuatmu lebih rileks seperti menonton film, mendengarkan musik kesukaan dan masih banyak hal lainnya. 

Jam 9 sampai dengan jam 12 malam

Pada jam segini tubuhmu benar-benar kelelahan karena berbagai aktivitas yang telah kamu lakukan untuk itu akan lebih baik jika kamu tidak memaksakan untuk belajar di jam segini. Tubuh yang kelelahan akan membuatmu sulit untuk berkonsentrasi yang nantinya membuat proses belajarmu menjadi percuma dan sia-sia saja. Kamu akan sulit memahami pelajaran tersebut, tak hanya itu kamu juga tidak akan fokus dalam belajar.

Narimaya sebagai platform yang dibuat khusus untuk mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal menuju ranah yang lebih digital. Mempermudah proses administrasi yang tersimpan secara aman dalam satu dasbor online mulai dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pembayaran uang sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan dilengkapi toko online yang dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan pendidikan melalui koperasi online. Tak hanya itu Narimaya juga menyediakan platform peminjaman buku perpustakaan melalui E-library dengan notifikasi pesan secara otomatis melalui Whatsapp.

 

Dapatkan juga domain pribadi yang bisa digunakan sebagai website Sekolah, Bimble, ataupun Universitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan baik itu sebagai media informasi maupun sebagai media komunikasi untuk murid, orang tua, maupun publik. 

 

Mari bergabung dengan Narimaya demi mewujudkan efisiensi pengelolaan administrasi lembaga secara GRATIS. 

 

Narimaya solusi digital sistem transaksi keuangan lembaga pendidikan. 

Menu