Blog categories
Blog search

6 Cara Agar Siswa Terhindar Dari Malas

Posted on1 Year ago 18

DI dalam kehidupan sehari-hari kita tidak jarang berada di fase malas bukan? Misalnya saja seperti malas belajar. Tentu hal tersebut akan menimbulkan persoalan yang rumit jika terjadi pada kondisi yang memaksa kita untuk belajar, seperti menjelang ujian sekolah, perlombaan dan sebagainya. Namun, pada dasarnya sifat malas tetaplah merupakan hal yang buruk baik dalam keadaan apapun. Rasa malas menghambat kita dalam mengembangkan potensi yang ada dalam diri. Jika kamu seorang siswa, sifat malas belajar yang kamu miliki bisa berdampak pada nilai-nilai pelajaranmu. Semua orang pastinya tau bahwa tugas utama seorang siswa adalah belajar, karena dengan belajar siswa dapat membuka wawasannya. Mustahil jika seorang siswa tidak pernah merasakan perasaan malas dalam belajar, rasa malas memanglah wajar adanya, tetapi akan menjadi buruk jika hal itu terjadi terus-menerus. Lantas hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa malas belajar pada siswa? berikut ulasannya :

Ingatlah kembali tujuan awal kamu bersekolah


Pernahkah kamu merasa konsentrasi berkurang? atau tidak stabil saat melakukan kegiatan sekolah? Mengingat kembali tujuan awal kamu bersekolah adalah langkah yang tepat agar kamu kembali bersemangat dan tidak bermalas-malasan. Ketika rasa malas melanda, pikirkan kembali tentang mimpi-mimpi yang ingin kamu wujudkan karena dengan begitu kamu akan bersungguh-sungguh dalam belajar agar mimpimu menjadi nyata

Kurangi penggunaan gadget

Penggunaan gadget yang intens, bisa membuat sebagian pelajar mulai malas untuk membaca buku. Oleh karena itu seorang pelajar harus bijak dalam menggunakannya. Bagai dua belah mata pisau, gadget memiliki akan berdampak baik jika kita memanfaatkan sisi positifnya dan begitu sebaliknya.

Ubah cara belajar mu!


Cara belajar yang monoton cenderung menimbulkan perasaan malas untuk belajar karena terjebak dalam hal yang membosankan. Oleh sebab itu, diperlukan cara belajar yang bervariasi, misalnya merubah tempat belajar atau metode belajar yang digunakan

Luangkan waktumu untuk refreshing


Sebagai seorang siswa pasti pernah merasa jenuh karena rutinitas sehari-hari yang berputar pada pelajaran dan nilai atau yang lainnya. Ketika seseorang berada di titik jenuh maka kemauan belajar akan sangat menurun bahkan sama sekali tidak ada. Cobalah untuk memberi reward pada diri sendiri dengan pergi jalan-jalan ke suatu tempat setelah belajar sehingga pikiran akan fresh kembali.

Tentukan target yang ingin dicapai


Dengan menentukan target yang akan dicapai, seorang siswa akan lebih jelas dalam meniti karir kedepannya sehingga memiliki motivasi dan semangat sebagai pendorong diri untuk bergerak menguasai skill yang dibutuhkan. Oleh karena itu, minat belajar akan tumbuh dan meningkat

Berteman dengan orang yang rajin belajar


Sedikit banyaknya seorang teman akan memberikan pengaruh dalam kehidupan kamu. Berdasar pada hal tersebut, penting bagi kamu untuk berteman dengan seseorang yang rajin belajar, sehingga motivasi yang mereka miliki bisa menular kepada kamu.

Itulah enam cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi atau menghindari rasa malas. Ketika rasa malas hilang, maka apa yang kamu jalani pada hari-harinya menjadi lebih produktif.

Menu