Blog categories
Blog search

Metode Bermain Sambil Belajar, Efektif Tidak Ya?

Posted on1 Year ago 116

Belajar merupakan kegiatan yang harus dilakukan setiap orang agar mendapatkan ilmu untuk mengembangkan diri. Cara setiap orang belajar beragam bentuknya sesuai kesenangan dan kenyamanannya. Terdapat salah satu metode yang jarang dilakukan bagi kebanyakan orang, yakni belajar sambil bermain. Sebagian besar orang menganggap bahwa metode tersebut kurang efektif dilakukan karena proses pembelajaran menjadi tidak kondusif. Padahal kenyataannya, metode belajar sambil bermain akan meningkatkan semangat ketika belajar.

Metode tersebut sangat efektif digunakan bagi anak yang menginjak umur balita karena mengajak sensor motoriknya ikut bekerja. Hal itu dapat membantu sang anak menjadi lebih terlatih dan aktif dalam belajar karena diiringi dengan proses bermain sehingga anak tidak mudah bosan. Setiap orang tua dapat menerapkan cara ini dalam memulai proses pendidikan pada anaknya agar terbiasa ketika belajar nantinya, ia telah senang dengan situasi dan kondisi yang telah disukai sejak dahulu.

Anak yang telah terbiasa belajar dengan pola tersebut akan lebih mudah mencerna ilmu ketika belajar. Hal itu akan berdampak baik pada minat belajar anak yang akan meningkatkan semangatnya. Selain itu, pilihan permainan yang digunakan dalam metode belajar sambil bermain ini juga harus diperhatikan. Sebab, keefektifan metode ini akan berjalan lancar apabila orang tua mengetahui tahap-tahapannya dengan baik, seperti mencari tahu kesukaan anak sehingga dapat menerapkan permainan yang berhubungan dengan kesukaannya. Belajar sambil bermain juga dapat dilakukan secara berkelompok bersama teman sebaya lainnya, sehingga dapat meningkatkan nilai emosional lainnya, seperti kerja sama, suprotivitas, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan di atas, metode belajar sambil bermain lebih mengutamakan nilai-nilai emosional, dibandingkan nilai edukasi. Walaupun begitu, kedua hal tersebut saling memberikan pengaruh dan hasil yang sama kepada setiap anak yang menggunakan metode ini. Keaktifan anak menjadi perhatian khusus dalam metode ini karena ketika anak sudah mulai aktif dan menemukan kesenangannya dalam metode ini, artinya anak sudah mulai nyaman untuk belajar. Dengan begitu, baik setiap orang tua maupun guru, dapat mudah membantu dan menjalankan proses pembelajaran lain karena semangat dan minat anak telah terbentuk sejak lama.

Metode belajar merupakan satu hal penting yang harus diperhatikan agar proses belajar mengajar dapat terjadi secara baik dan mencapai tujuan pembelajaran. Dengan begitu, penerapan metode harus memperhatikan dan mempertimbangkan pendidik dalam belajar, seperti halnya metode belajar sambil bermain. Metode ini terbukti efektif untuk dilakukan bagi semua kalangan. Namun, sebagian besar orang menerapkannya pada anak usia balita untuk membentuk nilai-nilai emosional di perkembangan otaknya, sehingga berdampak pada kehidupan dewasanya nanti.

Menu