Blog categories
Blog search

Manfaat Media Sosial Untuk Pembelajaran

Posted on1 Year ago 129

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah sangat cepat dirasakan pada masyarakat. Hal itu sangat membantu banyak kebutuhan manusia dalam melakukan aktivitas. Penyebaran informasi dapat mudah dicari dan didapatkan hanya dengan genggaman gawai di tangan. Saluran dari beberapa platform media sosial menjadi peran penting di kehidupan manusia dalam berbagai macam bidang, salah satunya ialah pendidikan.

Media sosial dapat berperan penting dalam memberikan wadah sebagai saluran pembelajaran. Seperti yang diketahui bahwa media sosial bukan hanya menjadi saluran untuk melihat aktivitas orang lain saja, melainkan dapat membantu proses pembelajaran murid. Yuk, simak beberapa manfaat dari media sosial untuk pembelajaran, antara lain:

Memberikan Informasi yang Lebih Luas

Saat ini media sosial telah menempati urutan pertama dalam kebutuhan manusia. Apalagi saat ini telah banyak platform yang memberikan banyak edukasi pada masyarakat. Edukasi itu juga seringkali menjadi edukasi yang tidak didapatkan di dalam pembelajaran sekolah, seperti informasi tentang menabung saham, teori sejarah yang baru terungkap, cara mengedit di suatu aplikasi. Hal Tersebut dapat langsung dicoba bagi setiap orang yang mungkin ketika melihat informasi tersebut menjadi penasaran dan menemukan passion-nya.

Memperluas KoneksiĀ 

Media sosial dapat saling menghubungi seseorang yang mungkin belum pernah berinteraksi menjadi saling kenal. Terdapat banyak media sosial yang dapat digunakan seseorang untuk memperluas koneksi, bahkan dalam ranah profesional sekali pun. Dari ha tersebut seseorang dapat dengan mudah memperluas koneksinya dan memudahkan mereka mencari keinginan sesuai kebutuhannya. Seperti contoh, ketika seseorang sedang membutuhkan guru les, dapat ia cari melalui media sosial dengan koneksi yang ia miliki. Hal itu dapat membantunya mencari keinginan yang sedang dibutuhkan.

Meningkatkan Kepedulian Pada Berbagai Isu

Penyebaran informasi di media sosial terjadi begitu cepat dan luas. Berbagai macam bentuk informasi mulai dari ekonomi, politik, pendidikan, hingga sosial budaya pun dapat dengan mudah diakses dengan masyarakat. Hal itu akan meningkatkan pemahaman dan mempengaruhi kepedulian masyarakat pada aspek-aspek tersebut. Sebab, isu atau persoalan yang diangkat pasti akan selalu menyangkut kehidupan masyarakat. Hal itu akan memengaruhi pada proses pembelajaran seseorang karena setiap aspek yang terjadi akan selalu dibahas dalam pembelajaran. Dengan begitu, kesadaran dan kepedulian seseorang akan meningkat dari apa yang selalu diberitakan melalui media sosial dan memengaruhi proses pembelajarannya.

Menu