Blog categories
Blog search

4 Kebiasaain Unik Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Melatih Otak

Posted on1 Year ago 165

Menyikat gigi dengan tangan yang tidak dominan

Apabila kamu biasa menggunakan tangan kanan dalam melakukan segala aktivitas, maka tidak ada salahnya untuk mencoba hal yang satu ini. Biasanya orang yang dominan menggunakan tangan kanan akan menyikat giginya dengan tangan juga, padahal ternyata menyikat gigi dengan tangan yang tidak dominan memiliki manfaat loh. Banyak penelitian mengatakan bahwa menggunakan sisi berlawanan dari otak kamu akan menghasilkan ekspansi yang cepat dan substansial pada bagian korteks yang mengendalikan dan memproses informasi sentuhan dari tangan. Oleh karena itu menggosok gigi dengan tangan yang tidak dominan ini sangat bagus untuk melatih otak  jika kamu merupakan orang yang dominan memakai tangan kiri, maka kamu juga bisa mencoba menggosok gigi dengan tangan yang tidak dominan, yaitu tangan kanan. 

Mandi dengan mata tertutup

Saat mata tertutup maka kamu jadi lebih peka dalam menggunakan indra peraba. Saat mandi dengan mata tertutup maka kamu akan merasakan tekstur tubuh yang mungkin tidak pernah kamu sadari ketika mandi dengan mata terbuka. Ketika mandi dengan mata tertutup, tangan yang merupakan indra peraba akan mengirimkan pesan ke otak. Mulai aktivitas mandi dengan mata tertutup, mulai dari dari membuka keran, hingga akhirnya menggunakan sabun dan membilas tubuh Anda.

Lakukan kebiasaan baru di pagi hari

Kamu tahu tidak? Aktivitas kita ternyata berpengaruh loh pada otak. Oleh karena itu untuk melatih otak kamu bisa melakukan berbagai aktivitas, dan sebisa mungkin usahakan untuk menjalankan aktivitas yang berbeda setiap harinya. Misalnya kamu terbiasa berangkat kerja dengan menggunakan sepeda motor, maka tidak ada salahnya jika sesekali berangkat kerja dengan menggunakan transportasi umum. Hal yang sebelumnya tidak pernah kamu lakukan, akhirnya kamu lakukan dan menambah pengalaman baru serta memori yang cukup berkesan bagimu. 

Ubah posisi barang-barang

Mengubah posisi barang yang sudah familiar ke posisi yang berbeda membuat otak kita secara tidak langsung merasakan sesuatu yang berbeda. Saat kamu melihat posisi barang yang dirasa janggal, maka otak kiri kamu akan bereaksi  dan segera mengirimkan impuls, sehingga akan menarik perhatianmu. Jika kamu memutar posisi barang dengan cara terbalik, maka yang akan bekerja adalah otak kanan. Pasalnya, otak kanan akan berusaha menginterpretasikan bentuk, warna, dari posisi benda-benda yang terasa janggal tersebut.

Menu