Blog categories
Blog search

Bermain Catur Bisa Asah Kemampuan Otakmu!

Posted on1 Year ago 168

Meningkatkan daya ingat

Bermain catur dapat meningkatkan daya ingatmu loh. Ketika bermain atur para pemainnya secara tidak langsung dipaksa untuk mengingat berbagai posisi dari anak catur dan juga strategi-strateginya. Pemain catur berpengalaman memiliki keterampilan untuk mengingat yang disebut memori auditori.  memori auditori merupakan kemampuan untuk mengingat apa yang telah dipelajari melalui pendengaran.

Meningkatkan kreativitas

Ketika bermain catur kita akan berpikir terus dan terus mencari strategi apa yang cocok untuk memenangkan permainan ini. Kebiasaan terus berpikir membuat para pemain catur menganalisa dalam berbagai ruang, menafsirkan pola dalam bentuk abstrak. Kebiasaan berpikir abstrak tersebutlah yang menyebabkan para pemain catur memiliki kemampuan berpikir berbeda dan kreatif. Tak hanya itu Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bermain catur dapat melatih kemampuan otak dalam berimajinasi, sehingga kreativitas pun dapat lebih terbentuk.

Meningkatkan daya konsentrasi

Seperti yang kita ketahui sulit konsentrasi dapat berdampak buruk bagi diri kita akibat sulit konsentrasi maka setiap pekerjaan bisa saja terganggu. Tak hanya itu sulit konsentrasi juga dapat menghambatmu dalam belajar karena tentu kamu juga akan kesulitan memahami pelajaran tersebut. Namun jangan khawatir ketika kamu sulit berkonsentrasi cobalah untuk lebih sering bermain catur. Permainan ini terbukti baik untuk meningkatkan konsentrasi dan melatih kapasitas otak dalam menyimpan memori jangka pendek.

Meningkatkan kecerdasan

Bermain catur memiliki banyak sekali manfaat salah satunya yaitu dapat meningkatkan kecerdasan otak. Riset membuktikan bahwa orang yang sering bermain catur memiliki kemampuan berpikir dan nalar yang baik, sehingga lebih mudah memperoleh solusi dari suatu masalah. Oleh karena itu tidak jarang banyak orang tua yang mengenalkan catur kepada putra putrinya, hal ini tentu karena catur memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kecerdasan. Semakin terbiasa sang anak dengan catur maka akan semakin bagus bagi perkembangannya. 

Menu