Blog categories
Blog search

Begini Caranya Menaklukan Mata Pelajaran Yang Sulit

Posted on1 Year ago 178

Berikan pandangan positif

Walaupun pelajaran itu sulit kamu jangan membatasi kemampuanmu dengan memberikan pandangan negatif terhadap pelajaran tersebut. Usahakan untuk terus berpikir positif dan selalu bersemangat dalam mengerjakan pelajaran tersebut. Pandangan positif dapat meningkatkan mood mu dalam mengerjakan tugas, kamu cukup memberikan sugesti kepada dirimu sendiri untuk menyukai mata pelajaran tersebut, niscaya dengan mood yang positif maka bukan tidak mungkin kamu akan bisa mengerjakan setiap materi meskipun sulit.

Eksplorasi metode belajar

Pernahkah kamu terpikir kalau ternyata metode belajarmu yang salah membuatmu sulit untuk memahami pelajaran. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mengeksplorasi berbagai metode pelajaran. Jangan terpaku pada metode pelajaran yang monoton, cobalah untuk mencari sesuatu yang baru. Jika kamu terbiasa dengan metode monoton, cobalah untuk belajar dengan cara yang lebih kreatif seperti metode pembelajaran dengan menggunakan video, membuat mind mapping, membuat jurnal dan lain sebagainya.

Membiasakan diri

Pasti kamu pernah mendengar istilah practice make perfect. Dalam istilah itu berarti kita harus terus berlatih sampai akhirnya menjadi sempurna. Walaupun materi itu sulit, kalau kamu terus membiasakan diri untuk belajar dan berlatih setiap soal. Tentu ketika kamu banyak berlatih kamu akan terbiasa dan nantinya kamu jadi lebih mudah dalam mengerjakan pelajaran tersebut. Semakin terbiasa dalam mengerjakan soal yang sulit maka akan semakin ringan rasanya. 

Senangi pengajar

Terkadang kita kesulitan dalam memahami suatu pelajaran karena tidak menyenangi sang pengajar, pada hal-hal tersebut seharusnya tidak terjadi loh. Biar bagaimanapun setiap guru akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendidik siswanya dengan baik. Mereka selalu berusaha untuk mewujudkan siswa-siswi yang cerdas. Oleh karena itu sebisa mungkin senang nilai gurumu sehingga yang disampaikan pun akan semakin maksimal terserap dalam otak. 

Belajar bersama teman

Ketika kamu merasa kesulitan dalam memahami suatu materi, maka tidak ada salahnya untuk belajar bersama teman-teman. Dengan belajar bersama maka kamu akan mendapatkan pengetahuan baru, tak hanya itu ketika belajar bersama juga kamu bisa berdiskusi tentang materi tersebut. Tentunya dengan berdiskusi semua akan jauh lebih mudah untuk dipahami dibandingkan ketika kamu belajar sendirian.

Menu