Blog categories
Blog search

4 Fakta Menarik Jurusan PGSD, Kamu Harus Tau!

Posted on2 Years ago 594

Halo siswa sekolah menengah atas! Apakah saat ini kamu sedang mempersiapkan kelulusan mu? Jika memang betul pasti kamu sedang kebingungan ingin melanjutkan kuliah atau mulai meniti karir ya. Bagi kamu yang ingin masuk kuliah tentu kamu harus mempersiapkan diri untuk berbagai ujian seleksi masuk kampus ya. 

Sambil menunggu kelulusan ada baiknya kamu mencari tahu dulu kira-kira jurusan apa yang paling tepat untuk kamu ambil. Banyak yang bilang menentukan jurusan itu yang sesuai dengan passion mu, atau ada juga yang bilang menentukan jurusan yaitu dengan melihat prospek kerja yang ada di jurusan tersebut. Tentu kedua hal tersebut benar adanya. Kamu bisa memilih jurusan sesuai passion dan juga sesuai prospek kerja yang ada di jurusan tersebut. 

Apakah kamu tahu bahwa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar menjadi salah satu jurusan yang cukup banyak peminatnya? Atau mungkin kamu merupakan salah satu calon mahasiswa yang tertarik dengan jurusan yang satu ini? Jika memang betul kamu harus mengetahui lebih dulu nih fakta-fakta menarik yang ada di jurusan PGSD.

Seperti namanya jurusan PGSD akan dialokasikan untuk menjadi tenaga pengajar (Guru) di sekolah dasar. menjadi seorang guru adalah sebuah cita-cita yang sangat mulia. Jurusan PGSD bisa menjadi pilihan jurusan yang cocok buat kamu yang memang bercita-cita ingin menjadi seorang guru SD. Untuk menjadi seorang guru SD pastinya bukan hanya materi pelajaran SD saja yang harus dikuasai, namun masih ada banyak hal lagi yang harus kamu pahami.

Ketika kamu sudah mengetahui fakta-faktanya, barulah kamu akan mantap melangkah menjadi mahasiswa jurusan PGSD. Yuk simak artikel ini sampai habis agar kamu semakin yakin dengan jurusan yang satu ini. 

Jurusan yang cukup favorite

Saat ini jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan salah satu jurusan yang lumayan banyak peminatnya. Bahkan jurusan ini masuk kedalam jurusan yang cukup favorite. Tidak sedikit bagi calon mahasiswa memilih jurusan ini, terlebih bagi mereka yang perempuan. Banyak dari mereka yang memang masuk jurusan PGSD karena ingin memenuhi cita-cita sedari kecil sebagai tenaga pengajar, ada juga yang terpanggil hatinya untuk memajukan pendidikan bangsa. 

Peluang Kerja Besar

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau yang lebih akrab dengan sebutan PGSD merupakan salah satu jurusan yang cukup favorit dan memiliki peluang kerja yang cukup menjanjikan. Sesuai dengan nama jurusannya, lulusan jurusan PGSD memiliki prospek kerja yang jelas yaitu menjadi seorang guru sekolah dasar. Tak hanya itu kamu juga bisa mendaftarkan diri untuk menjadi PNS sebagai tenaga pengajar. 

Mempelajari banyak ilmu

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar tidak hanya mempelajari satu ilmu pengetahuan saja melainkan mempelajari banyak ilmu. Mahasiswa jurusan PGSD mempelajari berbagai macam ilmu pengetahuan. Ada ilmu berhitung, kewarganegaraan, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, seni budaya, kewirausahaan, psikologi, dan masih banyak yang lainnya.  Hal ini dikarenakan anak yang duduk di bangku sekolah dasar masih mempelajari ilmu-ilmu dasar secara keseluruhan dan tidak menjurus, maka dari itu setiap guru sekolah dasar harus menguasai seluruh ilmu pengetahuan. 

Mengemban tugas yang mulia 

Menjadi seorang guru merupakan tugas yang mulia. Ia memberikan banyak ilmu kepada setiap siswa dan membuat siswa tersebut menjadi pribadi yang terdidik. Secara tidak langsung ketika menjadi seorang guru akan membantu siswa dalam menggapai setiap impian. Terlebih seorang guru sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk karakter seorang anak. 

Menu