Blog categories
Blog search

Kesulitan Mengatur Waktu? Begini nih Caranya!

Posted on2 Years ago 369

Pernahkah kamu berpikir mengapa setiap orang dianugerahkan waktu yang sama yaitu 24 jam namun mengapa tidak semua orang bisa menggapai kesuksesan yang sama pula? Pernyataan ini mungkin pernah terlintas dalam benak kamu untuk beberapa waktu. 

Sebenarnya kesuksesan tersebut dapat kita gapai asalkan kita bisa mengatur setiap waktu yang kita miliki dengan bijaksana. Pengaturan waktu yang baik penting supaya semua kewajiban dan target dapat selesai sesuai tenggat yang ditentukan.

Sayangnya tidak semua orang bisa mengatur waktu dengan baik, biasanya banyak orang yang memilih untuk memanjakan diri dengan bermalas-malasan. Atau mungkin tidak bisa memanfaatkan waktu dengan bijak. 

Sebetulnya kesuksesan akan jauh lebih mudah  untuk digapai apabila kita bisa mengatur waktu dengan sebaik mungkin. Manajemen waktu itu sebetulnya mudah asalkan kita bisa konsisten dalam menjalankannya. Kira-kira apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan manajemen waktu ya? Simak artikel ini sampai habis ya!

Buat goals yang ingin dicapai

Dalam hidup rasanya tidak lengkap jika kita tidak memiliki ‘goals’ yang ingin dicapai. Goals ini biasa juga disebut cita-cita atau impian. Dengan memiliki goals maka kita akan lebih semangat dalam menjalani hidup. Goals bisa ditentukan dalam kurun waktu jangka panjang maupun jangka pendek. Biasanya seseorang yang memiliki goals dalam hidup akan memanfaatkan dengan betul setiap waktu yang ia miliki. Mereka akan bersemangat dan berusaha sekuat tenaga demi mencapai goals yang mereka impi-impikan.

Tentukan Prioritas

Untuk melakukan manajemen waktu kamu harus tahu bagaimana memprioritaskan suatu kegiatan. Memprioritaskan di sini berarti kamu menaruh waktu penuh untuk menyelesaikan kegiatan tersebut. Jangan sembarangan memprioritaskan sesuatu, kegiatan yang harus diprioritaskan adalah kegiatan yang memang sangat penting dan akan berdampak buruk jika kamu tidak melaksanakan kegiatan tersebut.

Buat jadwal Kerja

Jadwal merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya manajemen waktu, karena dengan jadwal kita jadi mengetahui apa saja sih yang seharusnya kita lakukan pada hari itu. Membuat jadwal juga membantumu sadar bahwa banyak hal yang harus kamu kerjakan, dan akhirnya membuat kamu jadi lebih bersemangat. Usahakan untuk asisten menjalankan siap jadwal yang sudah kamu buat, agar setiap rencana terealisasikan dengan baik.

Berhenti menunda pekerjaan

Menunda pekerjaan sama sekali bukan kebiasaan yang baik untuk dilakukan. Menunda pekerjaan jika dilakukan terus menerus maka akhirnya akan buruk bagi dirimu. Bayangkan jika kamu terus menerus menunda pekerjaan, maka setiap pekerjaan akan terus menumpuk sehingga kamu akan kewalahan di akhir yang mengakibatkan setiap pekerjaan tidak dilakukan secara maksimal. Oleh karena itu mulai dari sekarang cobala untuk menyelesaikan setiap pekerjaan dengan sebaik mungkin, dan jagan pernah menunda pekerjaan. 

Pasang target

Pasang target waktu dalam menyelesaikan suatu kegiatan. Target waktu ini bisa membuat kamu merasa semangat dan ingin sesegera mungkin menyelesaikan kegiatan tersebut. Sebisa mungkin konsisten dan berusaha untuk mencapai target itu ya, karena jika kita tidak konsisten maka jadwal ya sudah kita Buat sedemikian rupa akhirnya bisa saja meleset yang berakibat kamu akan kesulitan di lain waktu.

Menu