Blog categories
Blog search

Fakta Menarik Jurusan Psikologi, Tertarik Mau Masuk?

Posted on2 Years ago 545

Jurusan Psikologi merupakan salah satu jurusan yang sangat banyak peminatnya. Bisa dibilang jurusan Psikologi ini merupakan salah satu jurusan yang cukup favorit bagi banyak orang. Terlalu favoritnya jurusan ini membuat peminatnya semakin bertambah setiap tahun.

Apakah kamu salah satu menginginkan untuk menjadi mahasiswa jurusan psikologi? Kalau iya sebenarnya apa sih alasan kamu memilih jurusan tersebut?

Apakah kamu tertarik untuk mendalami jurusan Psikologi ini karena memiliki prospek kerja yang bagus? Atau hanya sekedar iseng-iseng saja dan mencoba peruntungan?

Wah jika demikian kamu harus lebih mengetahui dengan betul fakta-fakta apa saja yang melatar belakangi jurusan psikologi, yuk simak artikel ini sampai habis sehingga kamu makin mantap untuk menjadi mahasiswa jurusan Psikologi!



Tidak lepas dari pelajaran matematika

Kamu ingin masuk ke jurusan Psikologi namun berharap untuk tidak bertemu dengan pelajaran matematika, Wah ternyata kamu salah. Jika ingin mahasiswa jurusan Psikologi kamu akan berhadapan dengan matematika. Di jurusan Psikologi kamu justru akan dituntut untuk akrab dengan ilmu matematika khususnya pada bidang statistika. Hal ini dikarenakan psikologi merupakan jurusan yang menggunakan sistem riset dan penelitian, ilmu statistika ini yang menjadi pondasi untuk menciptakan skala psikologi.

Prospek kerja luas

Tahukah kamu seseorang yang lulus dari jurusan Psikologi memiliki prospek kerja yang luas? Mungkin kamu pernah mendengar bahwa seorang yang lulus dari jurusan Psikologi akan menjadi staf sumber daya manusia (SDM) tapi nyatanya salah loh. Jurusan Psikologi banyak diminati karena prospek kerjanya yang sangat luas bisa menjadi psikolog konselor, leader training dan masih banyak lagi

Harus menempuh pendidikan S2

Apakah kamu memiliki cita-cita untuk menjadi seorang psikolog? Jika Iya kamu harus tahu bahwa menjadi seorang psikolog harus menempuh pendidikan hingga jenjang strata 2 (S2). Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan ketika kamu hanya jalankan pendidikan hingga tingkat Strata 1 (S1) kamu hanya mempelajari ilmu psikologi umum saja, hal tersebut tidak cukup untuk membuatmu mendapatkan gelar psikolog. 

Didominasi perempuan

Jika kamu menyempatkan diri untuk berkeliling gedung jurusan Psikologi, maka jangan heran kamu akan menemukan banyak sekali perempuan di jurusan tersebut. Banyak orang berspekulasi bahwa perempuan menyukai jurusan Psikologi ini karena dinilai lebih memiliki rasa peka sensitif jika dibandingkan dengan laki-laki.

Bukan peramal

Mahasiswa jurusan Psikologi seringkali mendapatkan respon seolah-olah mereka adalah seorang peramal. Tidak jarang ada orang yang bertanya mengenai kepribadian seseorang pada mahasiswa jurusan Psikologi dan meminta mahasiswa tersebut untuk menebak kepribadian orang yang dituju. Yang perlu diketahui mahasiswa jurusan Psikologi bukanlah seorang peramal, mereka mungkin bisa saja untuk menebak kepribadian seseorang berdasarkan sikap non verbal, Namun bukan berarti mereka akan mengetahui segala hal tentang orang yang dituju tersebut. 

Siap-siap jadi tempat curhat

Nah bagi kamu yang ingin menjadi seorang mahasiswa jurusan Psikologi kamu harus mempersiapkan dirimu jika ada seseorang yang mencurahkan isi hatinya dan keluh kesahnya kepadamu. Karena tidak jarang seorang mahasiswa jurusan psikologi menjadi tempat curhat orang-orang sekitarnya. Lantaran banyak orang yang berpikir seseorang yang mendalami ilmu psikologi memiliki kepekaan terhadap orang lain yang diharapkan dapat memberikan ketenangan dan juga saran yang bermanfaat.

Menu