Blog categories
Blog search

Apakah Seorang Yang Introvert Adalah Si Pemalu?

Posted on2 Years ago 318

Introvert, apakah kamu pernah mendengar istilah tersebut? Atau kamu merupakan orang yang mengklaim diri sendiri masuk ke dalam golongan ini? Mungkin banyak dari kamu yang sudah mengetahui istilah introvert ini dan menganggap kamu adalah salah satu dari ribuan orang yang masuk kedalam golongan introvert. Namun sebenarnya apa sih arti dari introvert?

Istilah introvert selalu dikaitkan dengan seseorang yang tertutup dan tidak bisa menjalin hubungan dengan orang banyak, kasarnya orang yang introvert sering kali disebut sebagai orang yang pemalu dan tertutup. Walaupun jika dilihat dari kacamata orang awam sekilas introvert memang memiliki kesamaan dengan orang yang pemalu, namun ternyata kedua hal ini berbeda loh.

Ketika kamu sengaja mencari apa sih perbedaan antara introvert dan pemalu ini, kamu mungkin akan merasa kesulitan. Mengapa demikian? Hal ini tentu dikarenakan seseorang yang introvert dan pemalu memiliki kesamaan yang cukup sulit dibedakan. Jika dilihat dari kacamata sosial, seseorang yang introvert cenderung lebih suka hidup menyendiri, sama halnya dengan seseorang yang pemalu. Lalu apakah perbedaan dari kedua hal tersebut?

Tingkah Laku

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert cenderung tidak nyaman jika berada di lingkungan yang ramai dan bising. Tidak jarang mereka akan merasa terganggu bahkan akhirnya memilih untuk cepat-cepat pulang demi menemukan ruang untuk sendiri. Seseorang yang memiliki kepribadian introvert cenderung menyukai suasana sepi dan tenang. 

Sementara itu seseorang yang pemalu juga merasa sedikit tidak nyaman apabila berada di keramaian, namun bedanya seorang yang pemalu masih bisa menahan rasa tidak nyaman tersebut asalkan dirinya tidak menjadi pusat perhatian banyak orang. Walaupun tidak nyaman mereka masih bisa bertahan di tengah keramaian.

introvert merupakan suatu keadaan atau karakter yang bisa saja didapatkan seseorang sedari lahir, seorang introvert masih bisa untuk melakukan perbincangan panjang dengan seseorang namun kamu melakukannya secara sering maka energi mereka seperti cepat terkuras. Berbeda dengan seorang yang pemalu, orang yang pemalu lebih cenderung Sayan diri ketika hendak obrolan dengan orang lain. 

Mungkin dari kamu bertanya-tanya,  'katanya seorang introvert merupakan orang yang pendiam, tapi mengapa mereka ternyata masih dia bisa berbincang dengan orang lain dalam waktu yang lama?'

Sebetulnya seorang yang introvert tidak, benar-benar diam. Mereka merupakan pribadi  yang banyak bicara jika dihadapkan dengan grup kecil. Namun jika mereka dihadang grup besar maka mereka akan merasa tidak nyaman dan bisa ber seseorang yang pendiam, mengeluarkan satu katapun.

Dengan seseorang yang pemalu, orang yang pemalu biasanya memiliki ketakutan tersendiri pada pikirannya. Pikiran negatif yang berada di benaknya sehingga menekan rasa percaya diri yang membuat tidak bisa bergaul karena aku tidak mendapatkan perlakuan yang layak. 

Bisa dibilang seseorang yang pemalu memiliki banyak sekali kata-kata di pikirannya yang tidak bisa ia keluarkan karena terlalu takut untuk mengungkapkannya kepada orang lain. Katak hutan itulah yang membuat mereka memilih untuk terus diam sepanjang hari. 

Sifat pemalu yang dimiliki seseorang dapat timbul karena berbagai faktor, Salah satu alasan yang paling mendasari yaitu kemungkinan mengalami masalah sosial atau menderita trauma. Seperti yang kita tahu permasalahan sosial sangat berpengaruh pada kepribadian seseorang, bisa dibilang lingkungan menyumbang 70% cara membentuk kepribadian seseorang. Ketika berada di lingkungan yang baik maka besar kemungkinan seseorang akan tumbuh menjadi seseorang yang baik pula, namun jika tumbuh di lingkungan yang kurang baik sayangnya kemungkinan pertumbuhan sekarang juga boleh jadi akan tidak baik. Mungkin ada beberapa orang yang kurang beruntung tumbuh di lingkungan yang kurang baik sehingga membentuk sifat pemalu atau minder yang kemudian meruntuhkan semangat dan percaya diri.

Sifat pemalu bisa jadi mengarah kepada suatu hal yang lebih parah yaitu depresi. Seseorang yang memiliki sifat pemalu aku jadi merasa bahwa diri mereka tidak diharapkan oleh orang lain, Tak jarang dari mereka merasa takut akan penolakan. 

Berbeda dengan seorang introvert yang masih bisa menghandle dirinya di hadapan orang banyak walaupun memang dia tidak memiliki banyak energi untuk bertemu dengan orang lain namun seorang introvert masih bisa menghandle kegiatan bersama dengan orang lain.

Menu