Blog categories
Blog search

Yuk Ketahui Keuntungan Belajar Online!

Posted on1 Year ago 162

Semenjak terjadinya pandemi covid 19 semua sektor dipaksa untuk merangkak ke sistem online, tak terkecuali pada sektor pendidikan. Beberapa waktu belakangan ini sektor pendidikan yang merambah ke sistem online banyak diperbincangkan oleh semua kalangan.

Banyak orang yang merasa keberatan dengan sistem online yang saat ini dipakai untuk menunjang proses pembelajaran, hal ini lantaran mereka yang berpikir mereka kesulitan dalam belajar online karena dinilai tidak efektif dalam pengajaran.

Kalau dipikir-pikir sepertinya kesulitan tersebut hadir lantaran banyak orang yang belum mengenal teknologi.  Bisa dibilang saat ini masyarakat belum terbiasa untuk menggunakan teknologi semaksimal mungkin untuk setiap sektor. Oleh karena itu keterbatasan pengetahuan dan kemampuan akan teknologi yang menghambat pembelajaran online.

Padahal jika setiap orang telah mengerti dengan betul teknologi dapat memudahkan setiap pekerjaan, tentu mereka akan berpikir belajar dengan sistem online ini memiliki banyak sekali manfaat dan keuntungan jika dibandingkan dengan belajar secara offline dan konvensional. Lalu kira-kira apa saja manfaat dari belajar online ini? Yuk simak artikel ini lebih lanjut. 



Praktis 

Pembelajaran secara online tidak mengharuskan siswa maupun guru untuk pergi ke sekolah, Oleh karena itu kegiatan belajar dapat dilakukan dimana saja baik itu di ruang tamu, kamar, ataupun sesekali bisa dilakukan di luar ruangan seperti Cafe. Tak hanya itu maupun guru juga tidak diharuskan untuk berdandan rapi.

Lebih santai

Pembelajaran online lebih santai jika dibandingkan dengan kegiatan belajar konvensional yang dilakukan di sekolah. Di sekolah maupun guru harus mengikuti peraturan yang dibuat sedemikian rupa oleh sekolah, namun ketika proses belajar dilakukan secara online siswa maupun guru akan jauh lebih santai karena tidak ada peraturan yang mengikat, satu-satunya peraturan yang berlaku yaitu siswa harus mengerjakan pekerjaan rumah yang telah ditugaskan dengan sebaik-baiknya tepat waktu.

Membiasakan siswa dengan teknologi

Saat ini Perkembangan teknologi semakin pesawat, oleh karena itu mau tidak mau setiap orang harus terbiasa dengan adanya teknologi di kehidupan mereka. Dengan menggunakan metode belajar online cara tidak langsung siswa juga akan mengenal teknologi yang akan membuat siswa terbiasa dengan kehidupan yang lebih modern.

Pembelajaran lebih menarik

Jika pada saat belajar di sekolah secara konvensional guru akan menjelaskan materi hanya dengan menulis di papan tulis menggunakan spidol, di pembelajaran online tidak lagi. Ketika belajar dengan sistem online akan disuguhkan materi yang lebih interaktif dan lebih menyenangkan. Tak jarang di pembelajaran sistem online ini, guru akan menampilkan grafik, video, audio yang akan mendukung belajar mengajar. Hal tersebut tentu akan membuat proses belajar menjadi jauh lebih menyenangkan.

Biaya dapat ditekan

Sistem pembelajaran offline yang konvensional biasanya mengharuskan siswa untuk membeli buku penunjang dan tak jarang siswa juga harus memfotocopy mencetak setiap tugas yang diberikan. Cara itu sangat tidak efektif mengapa demikian? Karena untuk mencetak setiap tugas diperlukan biaya yang kalau dihitung-hitung tidak sedikit, yaitu jika siswa membeli buku cetak hal tersebut juga tidak efektif karena bagaimanapun buku akan usang dimakan waktu. Oleh karena itu pembelajaran sistem online ini dapat menekan setiap biaya yang biasanya dikeluarkan pada sistem pembelajaran offline. Siswa tidak perlu lagi mencetak tugas cukup kirimkan tugas ke email dalam bentuk PDF.

Menu