Blog categories
Blog search

Yuk Ketahui Manfaat Menulis Dengan Tangan Untuk Otak

Posted on2 Years ago 236

Saat perkembangan teknologi semakin canggih dan era semakin modern, manusia terbiasa memanfaatkan teknologi tersebut guna membuat kehidupan lebih mudah.

Jika dahulu setiap orang melaksanakan sesuatu dengan cara yang konvensional maka saat ini sudah tidak lagi. Segala sesuatu yang konvensional dengan mudahnya diganti dengan teknologi. Tentu hal tersebut bukanlah hal yang salah, karena biar bagaimanapun kehidupan manusia sudah banyak terbantu karena hadirnya teknologi ini.

Berbagai sektor bisa dibilang memiliki teknologi untuk membuat sektor tersebut berjalan efisien. Tidak terkecuali pada sektor pendidikan. Saat ini siswa bahkan sudah terbiasa menggunakan gawai, tablet, bahkan laptop untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. 

Dimudahkannya siswa akan hadirnya teknologi membuat sebagian dari mereka malas untuk mencatat materi yang telah diajarkan. Bahkan tak jarang mereka tidak mencatat melainkan hanya sekedar memfoto materi  (mengambil tangkapan layar). Hal ini tentu sangat disayangkan karena ternyata mencatat memiliki dampak yang sangat positif untuk otak, terutama jika siswa tersebut mencatat dengan tulisan tangan. Manfaat-manfaat tersebut dapat dilihat artikel ini. Kamu penasaran kira-kira apa saja manfaat yang akan didapatkan jika menulis dengan tangan? Simak artikel ini sampai habis ya!

Meningkatkan memori

Banyak orang lebih memilih untuk mengetik di laptop ataupun komputer milik mereka dibandingkan menulis dengan tangan. Hal itu lantaran mengetik dinilai lebih cepat, efisien, dan tidak memerlukan banyak kertas (ramah lingkungan) walau demikian ternyata menulis dengan tangan memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu dapat meningkatkan memori (ingatan). Banyak psikolog mengatakan menulis dengan tangan memiliki efek tahan lama terhadap ingatkan (memori) lantaran ketika menulis dengan tangan otak akan mengingat dengan betul setiap kata yang telah dituliskan karena biar bagaimanapun menulis memerlukan daya berpikir yang secara tidak langsung berpengaruh pada ingatan seseorang.

Mengasah kreativitas

Saat menulis otak kita akan dipaksa untuk berfikir. Tak jarang proses berpikir itu memunculkan ide-ide kreatif. Semakin kita sering menulis maka kemungkinan ide kreatif akan terus bermunculan. Setelah ide-ide kreatif tersebut muncul jangan lupa untuk mengeksekusikannya menjadi sebuha karya. Kamu bisa mulai menulis kreatif, yaitu dengan membuat puisi, cerita pendek atau mungkin cerita bersambung. Tidak masalah jika kamu memulai karyamu hanya dengan dengan sebuah kalimat pendek, biar bagaimanapun seseorang yang hebat harus melangkahkan kaki kecilnya untuk mengawali kesuksesan. Terpenting, jangan lupa untuk terus berlatih. 

Meningkatkan kemampuan otak

Tentu itu berdampak pada kemampuan otakmu dimana otak yang selalu dipaksa untuk berpikir akan memiliki kemampuan yang lebih baik jika dibandingkan dengan otak yang tidak terbiasa untuk berpikir. Oleh karena itu kegiatan menulis yang selalu mengharuskan seseorang untuk berpikir secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan otak. 

Menjadi media meditasi

Saat ini banyak sekali orang yang menggunakan tulisan sebagai media meditasi dimana mereka bisa membebaskan setiap sisi negatif yang telah lama mereka simpan. Entah itu tentang kesedihan, keraguan, kemarahan, bahkan kekecewaan. Tentu hal tersebut bukanlah masalah. Tulisan memang bisa dijadikan sebuah media untuk menghilangkan stress karena dapat memiliki efek yang menenangkan. Bagi kamu yang memiliki gangguan kecemasan yang berlebihan, sesekali tidak ada salahnya untuk mencoba terapi dengan menulis untuk diri sendiri ini. Jiwa yang sehat dan bahagia akan membuat kinerja otak bekerja maksimal, yang membuat kamu tidak kesulitan dalam belajar maupun bekerja.

Menu