Blog categories
Blog search

Upaya Ini Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengasah Daya Ingat

Posted on2 Years ago 247

Sepertinya hampir semua orang mengidam-idamkan memiliki daya ingat yang lama.dengan daya ingat yang lama maka tentu akan lebih mudah mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Meski demikian tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut. 

Berbagai upaya akan dilakukan untuk meningkatkan daya ingat, mulai dari faktor luar hingga faktor dalam. Faktor lua disini yaitu dengan mengasah daya ingat sementara faktor dalam yaitu dengan mengkonsumsi berbagai vitamin yang dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat sesuatu. 

Semua orang percaya apabila daya ingat dan konsentrasi menurun dapat membuat performa kita akan semakin menurun juga, baik itu dalam hal bekerja maupun belajar. Tak hanya itu tak jarang sebagian besar kegiatan kita akan terganggu jika kita memiliki daya ingat yang buruk. 

Namun tahu tidak ternyata penurunan daya ingat dapat dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat loh. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk memperhatikan pola makan dan gaya hidup mu jangan sampai gaya hidup mu tidak sehat dan berakibat buruk pada kemampuan mengingat dan berkonsentrasi. Oleh karena itu saat ini Narimaya telah merangkum hal-hal apa saja yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat, simak artikel ini sampai habis ya!

Kurangi konsumsi gula

Mulai saat ini cobalah untuk mengurangi konsumsi gula secara berlebihan. Terlalu banyak mengkonsumsi gula ternyata akan berdampak buruk bagi dirimu. Kandungan gula selain dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, ternyata juga dapat menurunkan daya ingat. Penelitian menunjukkan bahwa diet yang mengandung gula dapat menurunkan daya ingat dan dapat mengurangi volume otak. 

Rutin olahraga

Olahraga sangat penting bagi tubuh dan mental. Penelitian membuktikan bahwa olahraga dapat bermanfaat bagi otak dan mampu meningkatkan daya ingat manusia. Selain itu olahraga juga dapat melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan meningkatkan suplai darah ke otak. Jika kamu bukan seorang yang suka olahraga, mulai saat ini cobalah untuk membiasakan diri menjalankan olahraga. Kamu bisa mulai berolahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, berenang kurang lebih selama 30 menit setiap hari. 

Membuat Catatan

Untuk menghindari akibat buruk dari lupa, kamu bisa menggunakan catatan kecil. Catatlah setiap kegiatan penting yang akan kamu lakukan. Dengan terbiasa mencatat maka kamu melatih otakmu untuk mengingat setiap hal kecil. Tak hanya itu jika kita menulis catatan dengan tangan maka kemungkinan hal tersebut lebih bisa diingat dibandingkan menuliskan catatan digital dengan menggunakan gawai. 



Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup menjadi salah satu hal yang penting dan harus dilakukan oleh setiap orang. Tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi memori, sebuah proses dimana ingatan jangka pendek diperkuat dan diubah menjadi ingatan yang tahan lama. Seseorang setidaknya membutuhkan waktu tidur selama tujuh sampai dengan sembilan jam. 

Latihan Otak

Salah satu yang terpenting untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat ialah dengan senantiasa melatih otak. Perlu diketahui, otak harus dilatih agar memiliki kemampuan yang optimal, jika otak tidak dilatih dalam waktu yang lama kemungkinan otak akan mengalami penurunan kinerja. Latihlah otak dengan kegiatan-kegiatan sederhana seperti bermain game teka-teki, puzzle, menghafal gambar, bermain musik dan lain sebagainya. 

Menu