Blog categories
Blog search

Meningkatkan Kepercayaan Diri Demi Prestasi Yang Lebih Gemilang

Posted on2 Years ago 237

Dalam belajar kita memerlukan semangat dan juga motivasi. Rasanya jika tidak memiliki semangat, belajar pun terasa sangat berat dan tidak bergairah. Terkadang bahkan setiap materi yang sudah disampaikan justru tidak bisa dipahami secara cepat oleh otak.

Walau demikian kamu tahu tidak? Ternyata motivasi belajar dapat kita bentuk dari mengasah kepercayaan diri loh. Saat merasa percaya diri pasti kita sangat semangat dalam menjalankan setiap aktivitas. Semangat itu lah yang akhirnya membuat kita aktif dalam berbagai hal seperti mengikuti perlombaan, mengikuti berbagai kegiatan, tidak malu menjalankan presentasi dan lain sebagainya.  

Banyak pula yang menganggap dengan percaya diri tentunya tidak akan sulit mencetak sebuah prestasi yang sedari dulu diidam-idamkan. Oleh karena itu setiap siswa harus memiliki rasa kepercayaan diri. Jangan pernah pesimis akan kehidupan, teruslah mengasah kemampuan diri dengan begitu langkah kamu memperoleh prestasi akan jauh lebih mudah. Oleh karena itu Narimaya telah merangkum beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan diri demi menjadi siswa yang berprestasi, silahkan baca artikel ini sampai habis ya!

Pemikiran Positif

Buang jauh-jauh pikiran negatif yang ada dipikiranmu saat ini. Segala pikiran negatif yang menyebutkan bahwa kamu tidak bisa melakukan apapun, atau mungkin pemikiran bahwa kamu adalah orang yang payah. Buang setiap pikiran yang bernada negatif yang akan mempengaruhi kamu. Mulai saat ini gantilah pikiran negatif tersebut dengan pikiran positif. Kamu bukan tidak mampu melakukannya, kamu hanya perlu mencoba lagi. Kamu bukan orang yang payah, kamu adalah orang yang akan selalu berusaha yang terbaik untuk dirimu. Pikiran positif akan membantu semangatmu agar muncul kembali, karena dengan pikiran yang positif kamu akan merasakan sesuatu yang melegakan dan hidupmu kembali termotivasi.

Percaya Kemampuan Sendiri

Mempercayai kemampuan sendiri adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Mulai sekarang jangan pernah pesimis, kamu harus mulai untuk mempercayai kemampuanmu sendiri. Dengan percaya akan kemampuan sendiri kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan diri.

Selain itu tidak ada salahnya untuk mengetahui kelebihan dan kekuranganmu. Kenali dirimu lebih dalam, tulis setiap kelebihan yang kamu punya dan kelemahan yang menghambat perkembangan mu. Fokuslah pada kelebihanmu dan mulai perbaiki setiap kelemahan yang kamu miliki. Tidak perlu memaksakan bahwa kelemahan harus hilang dalam satu hari, ada baiknya kamu perbaiki setiap kelemahan secara bertahap. 

Bergaul dan Melatih Soft skill

Untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu bisa mencoba untuk bergaul dengan berbagai orang. Dengan bergaul tentu kamu secara tidak langsung membangun relasi yang dapat memicu rasa percaya diri. Tak hanya itu dengan bergaul kamu juga bisa mengasah soft skill loh. Seperti yang kita tahu, soft skill sangat bermanfaat sekali untuk kita tentunya dengan memiliki soft skill akan mudah untuk mendapatkan kepercayaan diri, dan tentunya dengan kepercayaan diri kamu bisa saja mendapatkan prestasi yang sudah kamu idam-idamkan. Bergaul membuatmu bisa mengasah soft skill berbicara, membangun relasi, bekerjasama, memecahkan masalah dan masih banyak lagi. 



Buat perubahan Dalam Diri

Jangan pernah ragu untuk mengambil resiko untuk berubah selama hal tersebut dapat membuat hidupmu menjadi lebih baik. Tidak ada salahnya untuk keluar dari zona nyaman dan mulai melakukan perubahan pada dirimu. Kamu tidak perlu langsung membuat perubahan yang besar, tetapi kamu bisa memulainya dengan perubahan yang kecil terlebih dahulu. Misalnya mulai saat ini berusaha lebih giat lagi dalam belajar, atau berusaha lebih menonjol dan aktif di kelas. Perubahan-perubahan tersebut tetaplah perubahan yang baik, meskipun dengan skala yang kecil. Namun jika kamu sudah merasa cukup, sesekali bolehlah untuk beranikan diri mengikuti berbagai perlombaan yang diselenggarakan di sekolah maupun diluar sekolah, setidaknya jika kamu beruntung kamu bisa mewakili sekolah dan turut serta mengharumkan nama sekolah yang tentunya membuat dirimu maupun orang tua ikut berbahagia dan berbangga hati.

Menu