Blog categories
Blog search

Begini Caranya Agar Kamu Bisa Menjadi Siswa Yang Unggul di Sekolahmu!

Posted on2 Years ago 1577

Sekolah merupakan tempat menimba ilmu. Setiap siswa di didik untuk belajar berbagai hal yang diharapkan dapat bermanfaat untuk dirinya di masa depan. Di masa sekolah siswa-siswa akan mengembangkan dirinya dan selalu berusaha sebisa mungkin menjadi siswa yang unggul dan berprestasi. 

Menjadi siswa yang unggul adalah impian semua orang. Tentu untuk menjadi siswa yang unggul dibandingkan dengan ratusan siswa yang lain ya pasti bukan perkara yang mudah. Untuk menjadi seorang siswa yang unggul kamu harus memiliki keunikan yang tidak memiliki oleh siswa lain.

Keunikan tersebut bisa didapatkan dari berbagai cara, yaitu bisa saja berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Dengan menjadi siswa yang berprestasi tentu kamu akan banyak dikenal orang. Bagi kamu yang merasa belum unggul di sekolahmu, kamu berada di artikel yang tepat. Narimaya telah merangkum kira-kira apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi seorang yang unggul, simak artikel ini sampai habis ya!

Belajar menjadi pemimpin

Belajarlah untuk menjadi seorang pemimpin. Mungkin kamu bisa memulainya dari menjadi seorang ketua kelas, atau mungkin kamu bisa mendaftarkan diri untuk menjadi ketua osis. Jiwa kepemimpinan merupakan hal yang penting untuk dimiliki, biar bagaimanapun seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan akan selalu di dambakan. 



Belajar dengan rutin

Jangan lupa untuk belajar dengan rutin. Jangan biasakan belajar hanya semalam sebelum ujian saja, atau yang akrab dengan sebutan sistem kebut semalam (SKS). metode SKS ini sering sekali digunakan oleh siswa-siswa padahal ternyata Sistem Kebut Semalam tidak bagus loh untuk dirimu. Mengapa demikian? Jelas karena sistem SKS tidak akan membantu kamu dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Bayangkan saja, kamu baru mempelajari materi semalam sebelum diadakan ujian, tentu setiap materi tersebut tidak akan banyak diserap oleh otak, belum lagi materi yang kamu pelajari cukup banyak, tentu akan merugikan kamu jika di waktu ujian semua materi yang sudah susah payah dihafalkan semalam suntuk tidak kamu ingat di pagi harinya, akibatnya bisa saja kamu gagal dalam ujian.

Selalu kerjakan tugas 

Jangan lupa untuk mengerjakan tugas yang sudah diberikan oleh guru mu. Usahakan untuk tidak menunda segala pekerjaan, sebisa mungkin setelah pulang sekolah beristirahatlah sebentar lalu kerjakan tugas tersebut dengan tenang. Atau kamu juga bisa mengerjakan tugas bersama teman, mengerjakan tugas akan jauh lebih mudah jika ada teman diskusi. 



Ikut Ekstrakurikuler

Tidak ada salahnya untuk mengikuti ekstrakurikuler yang disediakan di sekolah mu. Jika kamu menyukai olahraga kamu bisa ikuti berbagai ekstrakurikuler seperti futsal, basket, sepak takraw dan lain sebagainya. Namun jika kamu menyukai seni kamu bisa saja ikut ekstrakurikuler lukis, menyanyi, dan lain-lain. Mengikuti ekstrakurikuler sangat bagus untuk dirimu karena kamu bisa mengasah soft skill  dan menambah jaring pertemanan. 

Hindari kebiasaan mencontek

Terbiasa mencontek merupakan hal yang tidak bagus. Kebiasaan mencontek akan membuat kamu merasa malas dan berujung menyepelekan setiap tugas yang diberikan. Kebiasaan mencontek juga membuat kamu menjadi pribadi yang tidak kreatif. Selain itu nantinya kamu akan dirugikan karena biasanya orang yang mencontek tidak benar-benar memahami materi yang dipelajari. 



Sesekali ikuti perlombaan

Asah dirimu dengan mengikuti berbagai perlombaan. Dengan mengikuti perlombaan kamu akan terbiasa dengan berbagai kompetisi yang memicu dirimu untuk jadi lebih baik lagi. Jangan pedulikan menang atau kalah, yang perlu kamu lakukan ketika mengikuti perlombaan yaitu fokus dan berusaha untuk memberikan yang terbaik. 

Menu