Blog categories
Blog search

Yuk Lakukan Ini Agar Belajar Matematika Jadi Lebih Mudah!

Posted on2 Years ago 499

Pelajaran matematika sering dikatakan sebagai pelajaran yang menyeramkan dan membosankan. Hal itu lantaran penyelesaian soalnya yang rumit dan sering kali membuat sakit kepala. 

Banyak siswa yang enggan mempelajari matematika, mereka seraya berpikir bahwa matematika sangat sulit karena bergelut dengan angka. Sementara itu mereka lebih senang mempelajari pelajaran yang simpel dan hanya memerlukan keahlian menghafal dibandingkan keahlian menghitung.

Namun kalau terus dibiarkan, nantinya mereka akan terlena dan akhirnya berfikir bahwa matematika bukan pelajaran yang penting untuk dipelajari. Padahal kenyataannya matematika merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting untuk kehidupan.

Tapi kamu tahu tidak ada loh caranya agar belajar matematika jadi terasa lebih mudah. Tentunya dengan melakukan cara ini kamu akna jau lebih semangat dalam mengerjaan soal matematika. Penasaran? Yuk simak artikel ini sampai habis!



Ubah mindset 

Sebelum memulai pelajaran matematika perbaiki dahulu mindsetmu tentang matematika. Biasanya pelajaran matematika dianggap sebagai pelajaran yang sangat menyeramkan dan sangat membuat pusing. Oleh karena itu ubah terlebih dahulu mindset buruk mu tentang matematika ya, karena jika diawali mindset yang buruk maka semangat belajar mu tentu akan berkurang. 

Ubahlah mindset buruk tersebut menjadi mindset yang positif. Mulai pikirkan hal-hal yang menyenangkan dari belajar matematika. Mindset yang positif akan menumbuhkan mood belajar yang membuat kamu jadi semakin bersemangat.

Belajar bersama teman

Belajar bersama teman menjadi salah satu solusi untuk belajar matematika. Belajar dengan teman akan menumbuhkan semangat. Dan tak hanya itu ketika belajar dengan teman kamu bisa berdiskusi mengenai soal mana yang tidak kamu pahami. Dengan berdiskusi pelajaran matematik tidak seberat yang dipikirkan.

Pahami Rumus

Jangan hanya menghafal rumus, tapi cobalah untuk memahami rumus tersebut. Jika hanya menghafal mungkin kamu akan cepat lupa dan akhirnya tidak maksimal dalam mengerjakan soal. Menghafal rumus tidak akan membuahkan hasil yang maksimal bahkan mungkin hafalan mu tersebut tidak bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Berbeda dengan memahami suatu rumus, dengan memahaminya kamu akan lebih mudah mengerti. Ketika kamu memahami rumus-rumus maka soal mana pun akan mudah kamu jawab.

Gunakan Trik Matematik

Susahnya mempelajari matematika adalah harus menghitung angka yang cukup banyak dengan rumus yang terkadang berbeda-beda. Terlalu banyaknya rumus dan proses pemecahan soal yang terlalu ribet membuat siswa merasa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit dipelajari, yang akhirnya siswa kehilangan motivasi untuk belajar.

Walaupun matematika merupakan pelajaran yang cukup rumit, namun ternyata soal matematika bisa loh dipecahkan dengan trik-trik simpel. Dengan menggunakan trik matematika akan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Trik matematika bisa berupa bagaimana menghitung dengan cepat, mencari nilai tertentu tanpa rumus yang rumit dan lain sebagainya. 

 

Menu