Blog categories
Blog search

Kesulitan Fokus Saat Belajar? Ini Yang Harus Kamu Lakukan!

Posted on2 Years ago 316

Susah fokus dan konsentrasi menjadi suatu masalah besar yang bisa dialami oleh semua orang. Sulitnya fokus akan membuat setiap kegiatan yang sudah direncanakan bisa terhambat, parahnya mungkin rencana tersebut akan gagal. 

Tentu kamu tidak ingin merasakan hal itu kan? 

Sulit fokus tentu akan sangat mengganggu rutinitas yang sedang dijalankan. Biasanya hal ini dikarenakan berbagai hal. Bisa saja sulit fokus dilatarbelakangi oleh tubuh yang kelelahan. Tak hanya itu stress yang berkepanjangan juga bisa menjadi alasan yang membuatmu kesulitan untuk fokus.

Selain mengganggu aktivitas, sulitnya fokus dan konsentrasi dapat membuat kamu sering lupa akan sesuatu, ceroboh, tidak mampu mengerjakan berbagai hal yang rumit, hingga tidak berenergi. Tentu jika sulit fokus tersebut terlalu lama dibiarkan akan merugikan bahkan bisa berdampak fatal. 

Jika kamu adalah salah satu yang mengalami masalah kesulitan berkonsentrasi tenang saja, kamu bisa meminimalisir hal tersebut dengan melakukan berbagai hal. Namun sebelum itu ketahui dulu yuk manfaat meningkatkan fokus dan konsentrasi, simak artikel ini sampai habis ya!

Manfaat Melatih Fokus & Konsentrasi

Meningkatkan produktivitas

Kamu pasti pernah merasakan belajar yang tidak kunjung selesai akibat tidak bisa fokus dalam mengerjakannya. Akhirnya materi yang harus dipelajari tersebut jadi menumpuk, tentu hal itu merugikan bukan? Parahnya ketika sedang belajar kamu tidak fokus membuat proses belajar kamu jadi tidak maksimal. Melatih fokus dan konsentrasi dapat membantumu meningkatkan produktivitas. Tentu kamu tahu akan lebih mudah mengerjakan sesuatu ketika kita memiliki fokus dan konsentrasi yang tinggi. Tak hanya itu dengan memiliki konsentrasi yang tinggi materi yang dipelajari akan sangat mudah masuk dan dipahami oleh otak.

Meminimalisir kesalahan

Pernah melakukan kesalahan ketika tidak fokus mengerjakan soal? Nah itu sangat merugikan bukan? Yang seharusnya kamu mendapatkan nilai sempurna malah berakhir mendapatkan nilai standart. Melatih fokusmu dalam belajar akan meminimalisir kesalahan yang kamu lakukan ketika mengerjakan soal, sehingga peluang mendapatkan nilai sempurna bukan lagi bualan, melainkan kesempatan yang selalu bisa kamu dapatkan.

Mudah Memahami Materi

Fokus dan konsentrasi yang baik membuat kamu mudah dalam memahami materi yang sedang dijelaskan. Bahkan kamu bisa saja belajar secara mandiri dengan baik apabila memiliki fokus yang tajam. Baik itu pelajaran yang mudah atau yang rumit sekalipun bisa kamu mengerti dengan baik apabila kamu memiliki konsentrasi. Kalau sudah begini rangking satu akan mudah kamu dapatkan! 



Cara Melatih Fokus

  1. Kenali penyebab sulit konsentrasi 

Sebelum kamu melakukan langkah-langkah lainnya, hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah kenali dulu apa penyebab kamu sulit berkonsentrasi. Perhatikan dengan betul apa saja hal yang melatar belakangi kamu sulit berkonsentrasi. Mungkin kamu adalah orang yang mudah teralihkan dengan konten-konten media sosial, atau mungkin kamu adalah orang yang tidak bisa melakukan berbagai hal sekaligus atau bisa jadi kamu sedang tidak memiliki motivasi. 

  1. Minimalisir Distraksi

Setelah kamu mengetahui penyebabnya, minimalisir distraksi-distraksi yang mungkin membuatmu teralihkan dan sulit fokus. Misalnya kamu adalah orang yang mudah teralihkan fokusnya ketika melihat konten di sosial media, oleh karena itu yang kamu harus kamu lakukan hanya menjauhkan dirimu dari smartphone ketika kamu sedang belajar. 

  1. Tetapkan Goals

Jika kamu sudah tahu apa saja faktor yang membuatmu mudah teralihkan fokusnya dan juga kamu sudah mengupayakan minimalisir distraksi tapi fokusmu masih saja teralihkan. Maka hal ini bisa kamu coba. Mulai saat ini tetapkan goals yang ingin kamu capai. Jadikan goals tersebut sebagai motivasi kamu untuk tetap fokus. Misalnya kamu bercita-cita mendapatkan beasiswa ke luar negri, tulis cita-citamu itu taruhlah di tempat yang sering kamu jangkau dan kamu lihat, maka kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk tetap fokus dalam belajar.



  1. Makan Makanan Bergizi

Sebisa mungkin konsumsi lah makanan yang mengandung gizi tinggi, sehingga kamu mendapatkan nutrisi yang seimbang. Mulailah konsumsi buah buahan, sayur sayuran, makanan yang mengandung protein tinggi, hal ini dikarenakan otak juga memerlukan nutrisi agar bisa bekerja optimal. Jangan biarkan dirimu terlalu lama lapar, karena kelaparan akan mengganggu fokus ketika belajar.



  1. Istirahat Cukup

Jangan biarkan dirimu terlalu lama begadang. Tahu tidak? Begadang sangat tidak bagus efeknya untuk tubuh. Usahakan untuk tidur 6 sampai dengan 8 jam sehari. Terlalu sering begadang membuat metabolisme tubuh menjadi berkurang yang akhirnya berdampak pada konsentrasi menurun dan sulit fokus. Sadarilah tubuh kamu memerlukan istirahat, kurang tidur akan berdampak negatif pada daya ingat baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. 



  1. Menjalankan Hobby

Tidak ada salahnya untuk menjalankan hobby. Dengan menjalankan hobby jiwa mu akan merasa senang dan tersegarkan. Jiwa yang senang akan membawa kamu pada pikiran yang positif akibatnya akan membuat proses belajar sedikit lebih ringan. Sesekali kamu bisa bermain game, menulis cerpen, membaca buku, berolahraga. Ingat ya, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk meredakan stress. 



Narimaya sebagai platform yang dibuat khusus untuk mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal menuju ranah yang lebih digital. Mempermudah proses administrasi yang tersimpan secara aman dalam satu dasbor online mulai dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pembayaran uang sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan dilengkapi toko online yang dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan pendidikan melalui koperasi online. Tak hanya itu Narimaya juga menyediakan platform peminjaman buku perpustakaan melalui E-library dengan notifikasi pesan secara otomatis melalui Whatsapp.

 

Dapatkan juga domain pribadi yang bisa digunakan sebagai website Sekolah, Bimble, ataupun Universitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan baik itu sebagai media informasi maupun sebagai media komunikasi untuk murid, orang tua, maupun publik. 

 

Mari bergabung dengan Narimaya demi mewujudkan efisiensi pengelolaan administrasi lembaga secara GRATIS. 

 

Narimaya solusi digital sistem transaksi keuangan lembaga pendidikan. 

Menu