Blog categories
Blog search

Yuk Buat Mind Mapping Agar Belajar Lebih Mengasyikan

Posted on2 Years ago 581

Metode mind mapping adalah satu model belajar yang menggunakan kata kunci yang membentuk suatu kerangka. Materi-materi yang hendak dipelajari tidak hanya ditulis secara biasa, melainkan dengan tampilan yang lebih menarik yaitu dengan menggunakan grafis. Biasanya Mind mapping ini terdiri dari gambar, tulisan singkat, garis, kata kunci, warna-warna dan lain sebagainya. 

Ketika membuat mind mapping kamu diharuskan menentukan suatu ide pokok atau ide utama sebagai penentu apa materi yang hendak dipelajari. Setelah ide utama ditentukan barulah proses mind mapping dimulai. 

Metode mind mapping ini memiliki banyak sekali manfaat. Metode ini sangat wajib untuk dicoba khususnya bagi kamu yang sulit memahami materi jika hanya dijelaskan saja. Belajar dengan metode mind mapping juga dinilai sangat menyenangkan dibandingkan dengan metode belajar yang konvensional, karena dengan metode mind mapping kita bisa belajar sambil mengasah kreativitas.

Untuk membuat mind mapping seseorang harus menggunakan pikiran yang analitis, karena setiap materi yang dituliskan harus sesuai dengan ide utama yang tentunya saling berkaitan dan berkesinambungan yang kemudian membentuk sebuah kerangka pikiran. 

 

Selain untuk belajar, mind mapping juga bisa digunakan untuk merancang berbagai hal. Kamu juga bisa gunakan mind map untuk merancang masa depan.   Misalnya kamu ingin mencapai goals mu di masa depan, sebut saja kamu ingin menjadi seorang pengusaha. Kamu bisa gunakan metode mind mapping ini untuk merencanakan kita-kira apa saja faktor yang harus kamu persiapkan untuk mencapai goals tersebut. 

 

Nah mungkin beberapa dari kamu sudah tertarik ingin mencoba metode mind mapping ini, namun masih kebingungan bagaimana cara membuatnya. Saat ini Narimaya telah merangkum kira-kira hal-hal ini yang harus kamu lakukan jika ingin membuat mind mapping, kamu bisa langsung tiru di rumah ya!

 

Tentukan ide pokok (tema)

Ide pokok merupakan yang terpenting ketika hendak membuat mind mapping. Jika tidak ada ide pokok tentunya proses pembuatan mind mapping tidak bisa dilakukan. Jangan buat terlalu banyak ide pokok, pilihlah satu ide pokok yang nantinya akan kamu analisa dan jabarkan. 

 

Siapkan peralatan

Sebelum mulai membuat mind map jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan. Kamu bisa menggunakan pensil warna, spidol, pulpen, pensil biasa, kertas putih ukuran A4 atau jika kamu ingin membuat mind map yang besar kamu bisa gunakan kertas karton. 

 

Namun saat ini mind mapping bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi loh. Jika kamu memiliki smart gadget kamu bisa menggunakan gadget tersebut sebagai media mind mapping. Saat ini juga sudah tersedia beberapa aplikasi yang mendukung kegiatan mind mapping ini. 

 

Buat sub judul (kategori)

Setelah ide pokok ditentukan dan peralatan sudah disiapkan maka kamu bisa memulai proses mind mapping tersebut. Letakan ide pokok di tengah-tengah kertas lalu kemudian analisis dalam sub judul. Sub judul tersebut adalah garis besar yang diambil berdasarkan ide pokok. Sub judul bisa dibuat lebih dari satu, tergantung berapa yang dibutuhkan. Kamu bisa menuliskan sub judul dengan menggambar cabang-cabang i sekeliling ide pokok. 

 

Berikan Warna yang berbeda pada tiap judul

Untuk lebih memudahkan mu, berilah warna-warna yang berbeda pada setiap sub judul. Pemberian warna ini akan memisahkan sub judul satu dengan sub judul lainnya agar tidak tercampur dan membuat kebingungan. Selain itu dengan adanya warna kegiatan belajar terlihat lebih menyenangkan.

 

Keyword

Dalam membuat mind mapping kita tidak perlu memberikan terlalu banyak tulisan. Cukup gunakan keyword-keyword penting yang sesuai dengan ide pokok dan sub judulnya. Keyword bisa berupa satu kalimat pendek atau bahkan satu kata. Yang terpenting dalam membuat mind mapping keyword-keyword yang kamu tuangkan dapat dipahami dengan baik. 

Narimaya sebagai platform yang dibuat khusus untuk mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal menuju ranah yang lebih digital. Mempermudah proses administrasi yang tersimpan secara aman dalam satu dasbor online mulai dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pembayaran uang sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan dilengkapi toko online yang dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan pendidikan melalui koperasi online. Tak hanya itu Narimaya juga menyediakan platform peminjaman buku perpustakaan melalui E-library dengan notifikasi pesan secara otomatis melalui Whatsapp.

 

Dapatkan juga domain pribadi yang bisa digunakan sebagai website Sekolah, Bimble, ataupun Universitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan baik itu sebagai media informasi maupun sebagai media komunikasi untuk murid, orang tua, maupun publik. 

 

Mari bergabung dengan Narimaya demi mewujudkan efisiensi pengelolaan administrasi lembaga secara GRATIS. 

 

Narimaya solusi digital sistem transaksi keuangan lembaga pendidikan. 

Menu