Blog categories
Blog search

Ingin Mengasah Soft Skill? Lakukan 4 Cara Ini!

Posted on2 Years ago 264

Beberapa dari kamu mungkin bertanya-tanya sebetulnya apa itu Soft Skill? Apakah soft skill sangat penting untuk masa depan kita? Jikalau memang penting kira-kira seberapa penting soft skill sampai-sampai kita diharuskan memiliki soft skill?

Soft skill adalah kepribadian atau atribut personal kita sebagai individu. Soft skill menunjukan bagaimana kamu berinteraksi dengan orang di lingkungan sekitar mu. Soft skill sangat penting bagi diri mu, terlebih ketika kamu hendak menjajal dunia kerja. 

Apakah Memiliki Soft Skill Itu Penting?

Tentunya memiliki soft skill sangat amat penting dengan soft skill kita akan jauh lebih mudah mencapai cita-cita. Seperti yang kita tahu untuk menggapai kesuksesan dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Memiliki soft skill membantu dalam membangun koneksi dengan orang lain, menjalin kerjasama dengan berbagai orang, memudahkan kita untuk dipercaya oleh orang lain, dan masih banyak lagi.

Sayangnya soft skill tidak didapatkan dari pendidikan formal yang bisa kamu pelajari secara akademis. Walau demikian jangan bersedih ya, kamu tetap bisa loh untuk mengasah soft skill mu. Narimaya telah merangkum setidaknya 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengasah soft skill mu, apa saja ya? Yuk simak artikel ini sampai habis!

Ikut Komunitas

Mengikuti komunitas dapat membantu kamu mengasah Soft Skill. Dengan mengikuti komunitas kamu dapat lebih produktif. Kamu bisa mengekspresikan dirimu dengan mengikuti kegiatan yang kamu suka. Tak hanya itu kamu juga bisa mengasah kemampuan berkomunikasi antar tim. Tak lupa dengan mengikuti komunitas kamu bisa mengenal orang baru.

Mengikuti Program Magang

Program magang adalah salah satu kesempatan yang bisa dilakukan untuk mengasah skill mu. Magang juga bisa dijadikan sebagai peluang untuk mendapatkan pengalaman yang bermanfaat. Melalui kegiatan magang kamu dapat melatih skill mu dalam menjalin koneksi, belajar bekerja sama dengan orang lain, dan belajar mengemban sebuah tanggung jawab.

Asah Keterampilan Manajemen Waktu

Mengasah soft skill juga dapat kamu lakukan dengan belajar memanajemen waktu. Mulailah membuat jadwal kegiatan sehari-hari mu, usahakan untuk tetap disiplin menjalani jadwal yang sudah kamu buat itu ya. 

Mengelola keuangan

Mengelola keuangan juga merupakan soft skill loh. Kamu harus bisa mengelola keuangan mu dengan sebaik-baiknya. Mulailah mencatat pemasukan dan pengeluaran agar kamu tahu kira-kira untuk apa uangmu dibelanjakan. Oh iya jangan lupa untuk menentukan budget untuk segala kebutuhan mu agar tidak besar pasak daripada tiang, satu lagi yang paling penting yaitu menabung dan berinvestasi mulai dari sekarang, dengan pengelolaan keuangan yang baik akan membawa kamu pada kehidupan yang lebih baik juga. 

Narimaya sebagai platform yang dibuat khusus untuk mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal menuju ranah yang lebih digital. Mempermudah proses administrasi yang tersimpan secara aman dalam satu dasbor online mulai dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pembayaran uang sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan dilengkapi toko online yang dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan pendidikan melalui koperasi online. Tak hanya itu Narimaya juga menyediakan platform peminjaman buku perpustakaan melalui E-library dengan notifikasi pesan secara otomatis melalui Whatsapp.

 

Dapatkan juga domain pribadi yang bisa digunakan sebagai website Sekolah, Bimble, ataupun Universitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan baik itu sebagai media informasi maupun sebagai media komunikasi untuk murid, orang tua, maupun publik. 

 

Mari bergabung dengan Narimaya demi mewujudkan efisiensi pengelolaan administrasi lembaga secara GRATIS. 

 

Narimaya solusi digital sistem transaksi keuangan lembaga pendidikan. 

Menu