Blog categories
Blog search

Ini Cara Mudah Dapatkan Beasiswa! Sudah Kamu Lakukan?

Posted on1 Year ago 167

Mendapatkan beasiswa adalah impian bagi setiap siswa sekolah menengah atas yang berkeinginan menduduki bangku perkuliahan. Namun sayangnya untuk mendapatkan beasiswa tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan usaha yang maksimal.

Dalam artian ketika kamu ingin mendaftarkan beasiswa kamu harus rela bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang. Mendengar hal itu apakah ada diantara kamu yang pesimis karena harus bersaing dengan banyak orang? Ataukah justru kamu merasa bersemangat untuk menunjukan prestasi mu dan meraih beasiswa itu?

Tentunya kamu harus bersemangat dong! Walaupun harus mengalahkan banyak pesaing kamu jangan sampai berkecil hati, kamu pasti bisa kok mendapatkan beasiswa yang kamu impikan asalkan kamu belajar dengan sungguh-sungguh dan merencanakannya dengan matang.

Banyak dari kamu mungkin kebingungan sebenarnya bagaimana sih cara mendapatkan beasiswa? Yuk simak artikel ini sampai habis!



Belajar Rutin

Belajar yang rutin adalah kunci paling pertama yang harus dilakukan oleh semua siswa yang ingin mendapatkan beasiswa di perkuliahan. Seperti yang kita tahu, hanya orang-orang yang terpilih saja yang akan mendapatkan beasiswa. Oleh karena itu kamu harus belajar yang rutin agar kamu masuk kedalam barisan orang-orang terpilih tersebut.

Mulailah untuk membiasakan diri belajar setiap hari. Jangan lagi belajar dengan metode SKS atau sistem kebut semalam.  Siswa-siswi sekolah terkadang belajar dengan metode SKS, hal itu tentunya tidak bagus. Umumnya belajar dengan metode SKS tidak efektif, karena kamu hanya mengingat pelajaran dengan durasi yang sangat singkat, dan karena hal itu pula setiap hal yang kamu pelajari tidak bertahan lama di otak terlebih kamu jadi sulit fokus ketika menerima pelajaran baru. 

Belajarlah dengan rutin, misalnya sehabis pulang sekolah ataupun malam sebelum tidur kamu sempatkan untuk mengulang apa yang telah kamu pelajari di sekolah atau mungkin kamu mencatat ulang dan melengkapi ringkasan mu sehingga kamu jadi lebih paham mengenai materi yang telah diajarkan. 

Update Informasi

Jangan lupa untuk mencari informasi terkait beasiswa-beasiswa mana yang saat itu sedang aktif dan sedang membuka pendaftaran. Informasi tersebut bisa kamu tanyakan kepada pihak sekolahmu atau dengan mencari tahu secara mandiri dengan mengakses internet. Kamu harus menjadi siswa yang aktif dalam menanyakan beasiswa ya, agar kamu tidak melewati satu informasi pun!

Targetkan Beasiswa Yang Ingin Kamu Gapai

Seperti yang kamu tahu, ada banyak sekali macam beasiswa mulai dari beasiswa pemerintah, beasiswa swasta, beasiswa organisasi, beasiswa langsung dari perguruan tinggi dan masih banyak lagi. Setelah mendapatkan informasi beasiswa-beasiswa secara lengkap, pilihlah beasiswa mana yang kamu rasa cocok untuk dirimu. Baca dengan seksama syarat dan ketentuannya.  Setelah itu mulailah untuk mempersiapkan berbagai hal yang sekiranya dibutuhkan. Mulai dari data diri, laporan nilai atau raport, sertifikat-sertifikat dan lain sebagainya.

 

Persiapkan CV & Portofolio

Sebagian penyelenggara beasiswa meminta curriculum vitae dan portofolio untuk meninjau seberapa layak kamu mendapatkan beasiswa tersebut. Maka dari itu jangan lupa untuk membuat curriculum vitae yang menarik dan terlihat profesional. Tak hanya curriculum vitae, portofolio juga menjadi daya tambah kamu di mata penyelenggara beasiswa. Buatlah portofolio yang bagus dan lengkap, untuk itu diharapkan ketika masih duduk di kelas awal kamu aktif dalam kegiatan sekolah baik itu berorganisasi ataupun mengikuti berbagai perlombaan, tujuannya tentu agar portofolio mu semakin menarik. 

 

Asah soft skill 

Sembari menunggu pihak lembaga mengumumkan hasil beasiswa ada baiknya kamu gunakan untuk mengasah soft skill mu. Terpenting ketika kamu lolos tahap awal seleksi beasiswa adalah kamu diharapkan lolos di tahap wawancara. Oleh karena itu jangan lupa untuk persiapkan diri dapat menghadapi proses wawancara tersebut. Persiapkan diri dengan mengasah kemampuan mu dalam berkomunikasi. Oh iya penting juga untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan analitis sehingga pertanyaan yang mungkin dilontarkan di tahap wawancara mudah untuk dijawab. 

Mendapatkan beasiswa tidaklah mudah, butuh perjuangan yang harus kamu usahakan semaksimal mungkin. Proses mendapatkan beasiswa juga cukup panjang, oleh karena itu kamu harus mempersiapkannya diri sedini mungkin.Perlu kamu ingat, setiap orang mengidam-idamkan beasiswa yang berarti kamu memiliki banyak sekali pesaing, entah itu ratusan bahkan bisa ribuan pesaing. Buktikan dirimu adalah orang yang layak mendapatkan beasiswa tersebut mulailah persiapkan diri memperebutkan beasiswa.

Narimaya sebagai platform yang dibuat khusus untuk mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal menuju ranah yang lebih digital. Mempermudah proses administrasi yang tersimpan secara aman dalam satu dasbor online mulai dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pembayaran uang sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan dilengkapi toko online yang dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan pendidikan melalui koperasi online. Tak hanya itu Narimaya juga menyediakan platform peminjaman buku perpustakaan melalui E-library dengan notifikasi pesan secara otomatis melalui Whatsapp.

 

Dapatkan juga domain pribadi yang bisa digunakan sebagai website Sekolah, Bimble, ataupun Universitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan baik itu sebagai media informasi maupun sebagai media komunikasi untuk murid, orang tua, maupun publik. 

 

Mari bergabung dengan Narimaya demi mewujudkan efisiensi pengelolaan administrasi lembaga secara GRATIS. 

 

Narimaya solusi digital sistem transaksi keuangan lembaga pendidikan. 

Menu