Blog categories
Blog search

Membangun Pendidikan yang Berkualitas

Posted on2 Years ago 284

Bisa dikatakan pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi setiap negara di dunia. Hal ini karena pendidikan memegang peranan yang sangat penting demi mencerdaskan masyarakat di sebuah negara. Masyarakat yang cerdas akan sangat berguna bagi perkembangan suatu negara baik secara ekonomi maupun perkembangan secara keseluruhan.

Besarnya harapan negara pada masyarakat yang cerdas membuat banyak sekali upaya demi memajukan pendidikan. Oleh karena itu pendidikan segala usaha turut diupayakan demi mewujudkan pendidikan yang maksimal. 

Terlebih lag dari waktu ke waktu banyak sekali perubahan di dunia, hal tersebut akhirnya menuntut setiap orang untuk terus kreatif demi mengikuti berbagai perkembangan, karena jika kita hidup sebagai seorang yang berpendidikan namun tidak bisa mengikuti perkembangan zaman baik itu secara ekonomi atau pola berpikir tentu sama aja tidak optimal.

Kira-kira apa saja ya yang harus dilakukan demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas? 

Peningkatan kualitas guru

Bisa dikatakan guru menjadi salah satu faktor paling penting dalam dunia pendidikan. Hal ini lantaran guru berperan sebagai jembatan pagi siswa dan ilmu. Guru bertugas sebagai penyampai ilmu kepada siswa yang nantinya ilmu tersebut akan dingat atau bahkan diimplementasikan oleh siswa. 

Oleh karena itu guru adalah faktor utama yang mengambil bagian penting dalam dunia pendidikan. 

Bisa dikatakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan maka kualitas guru juga harus ditingkatkan. Saat ini banyak guru yang masih memegang prinsip konvensional dalam mengajar, hal ini tentu harus dijadikan konsentrasi dimana banyak lembaga pendidikan yang mulai beralih digital, maka dari itu tidak ada salahnya untuk melakukan pelatihan bagi setiap tenaga pengajar agar dapat mengoperasikan berbagai teknologi demi menunjang kegiatan belajar mengajar yang lebih baik. 

Pemerataan pendidikan

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa Indonesia masih perlu berbenah dalam pemerataan pendidikan. Seperti yang diketahui bersama saat ini pendidikan lebih difokuskan di Pulau Jawa. hal ini tentu akan lebih baik apabila pendidikan dapat berkembang rata di berbagai pulau di Indonesia. 

Menerapkan teknologi 

Di era saat ini sudah waktunya setiap lembaga pendidikan menerapkan teknologi dalam kegiatan belajar. Jika pada awalnya hanya melakukan kegiatan belajar mengajar dengan konvensional, saat ini merupakan momen dimana kita menerapkan teknologi dan turut berinovasi. 

Inovasi di dunia yang tidak pernah tidur menjadi suatu hal yang wajib, apabila tidak maka negara akan sangat tertinggal dibandingkan negara lain, oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mempelajari teknologi sedini mungkin, sehingga siswa dapat terbiasa dan mengenal teknologi lebih dalam. 

Menu