Blog categories
Blog search

Permasalahan Pendidikan di Indonesia yang Masih Ada Sampai Saat Ini

Posted on2 Years ago 113

Indonesia masih terus melakukan proses pembenahan dalam hal pendidikan. Hal itu mengingat pentingnya peran pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM di suatu negara. Dengan begitu, pendidikan di Indonesia pun telah menjadi hak dan kewajiban setiap orang. Jadi apabila seseorang tidak mendapatkan hak dan kewajibannya tersebut artinya masih harus banyak yang diperbaiki. Akan tetapi, hal itu masih menjadi satu dari beberapa permasalahan pendidikan di Indonesia yang masih ada sampai saat ini, di antaranya:

Pendidikan yang Belum Merata

Sistem pendidikan di Indonesia apabila dilihat secara keseluruhan, masih belum terjadi secara merata. Secara dominan sistem pendidikan yang terlihat baik dan berkualitas masih berpusat di Pulau Jawa, sedangkan nasib di beberapa pulau pelosok masih sulit untuk menimba ilmu. Hal tersebut mengakibatkan menurunnya tingkat kesadaran masyarakat, sehingga kualitas pendidikan di Indonesia masih berjalan stagnan.

Keterbatasan Peran Pengajar

Pendidikan akan berjalan sempurna, apabila peran murid dan guru saling mempengaruhi. Namun, permasalahan saat ini peran pengajar di Indonesia masih terbilang cukup minim. Hal itu kembali mengingatkan sekolah-sekolah yang ada di daerah bahwa mereka mengandalkan peran pengajar yang berasal dari Pulau Jawa. Hal itu menjelaskan bahwa peran pengajar juga harus diperhatikan karena seseorang juga tidak akan berhasil, tanpa perannya.

Kurangnya Bantuan Dana Pendidikan

Permasalahan lainnya yang dialami rakyat Indonesia ialah masalah biaya. Adapula biaya perguruan tinggi yang dikatakan cukup besar, sehingga pemikiran calon mahasiswa untuk lebih ‘menyayangkan’ hal tersebut. Dengan demikian, pemerintah akhirnya telah mengupayakan hal tersebut dengan mengadakan berbagai macam program untuk membantu rakyat yang kurang mampu. 

Penjelasan di atas merupakan tiga gambaran besar mengenai permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia. Masih banyak permasalahan lain yang menjadi tugas pemerintah untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Peran rakyat juga harus berkontribusi dalam memanfaatkan kesempatan berkenaan dengan pendidikan. Sebab, ada banyak ratusan bahkan ribuan penduduk di Indonesia yang belum mendapatkan pendidikan secara penuh. Oleh karena itu, semua elemen berperan dalam membantu menuntaskan segala permasalahan pendidikan di Indonesia agar dapat membantu meningkatkan kualitas SDM di Indonesia dan memajukan bangsa.


Menu