Blog categories
Blog search

Tahap Membangun Sekolah Digital Menuju Pendidikan Yang Lebih Baik

Posted on2 Years ago 1535

Transformasi digital memang mempengaruhi setiap aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek pendidikan maka tidak mengherankan saat ini banyak lembaga pendidikan yang menjajal dan berlomba-lomba untuk beralih ke ranah digital. Untuk beralih ke sekolah digital tentu sebuah sekolah harus memperhatikan banyak aspek, mulai dari penyediaan platform untuk pembelajaran online, hingga sistem operasional dan manajemen sekolahnya juga harus terdigitalisasi. 

Pada dasarnya konsep sekolah digital adalah migrasi data dari manual atau tradisional menjadi digital. Seluruh data yang sudah dialihkan menjadi data digital kemudian diintegrasikan secara penuh sehingga seluruh pelaksanaan sistem pendidikan sudah berbasis pada data digital.

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa digitalisasi sekolah adalah segala usaha yang sistematis untuk mengubah sumber daya sekolah yang terintegrasi berbasis web yang memungkinkan pengguna (stakeholder) dapat berinteraksi dan bertransaksi secara elektronik.

Untuk menjalankan sekolah digital kira-kira apa saja ya yang harus dipersiapkan? Berikut adalah aspek-aspek yang harus dipersiapkan!

Mempersiapkan Learning system 

Beralih dari sistem konvensional menuju sistem digital memang diperlukan persiapan yang matang. Salah satu hal yang harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin yaitu platform untuk menunjang sistem belajar online (learning system) yang baik. 

Platform belajar online sangat diperlukan khususnya pada masa pandemi seperti ini, dimana semua kegiatan belajar mengajar terpaksa harus dialokasikan dengan cara online. 

Dengan platform belajar online guru maupun siswa dapat terus menjalankan kegiatan belajar mengajar tanpa harus tatap muka, sehingga proses belajar mengajar di tengah pandemi ini jadi lebih efektif. 

Materi pembelajaran digital & interaktif 

Memiliki sistem belajar digital untuk sekolah tentu sangat penting, namun jangan lupa untuk melengkapinya. Sebuah sistem pembelajaran online tidak akan lengkap jika tidak memiliki materi yang pas untuk disuguhkan kepada siswa. Biasanya materi yang disuguhkan secara online berisi materi-materi berbentuk presentasi, kelas interaktif, atau materi berupa audio visual. 

Manajemen administrasi & manajerial 

Berbicara tentang beralih digital tentu tidak terlepas dari platform online untuk menunjang setiap operasional lembaga pendidikan. Menuju sekolah digital berarti mempersiapkan segala kebutuhan sekolah baik itu secara pembelajaran maupun operasional, maka untuk itu diperlukan platform yang dapat menunjang setiap kebutuhan tersebut. 

Narimaya sebagai platform yang dikhususkan bagi lembaga pendidikan di Indonesia berusaha untuk memberikan yang terbaik demi menunjang setiap kebutuhan yang ada di Indonesia. Mulai dari platform untuk melakukan proses Penerimaan Peserta Didik Baru, penyediaan platform penagihan dan pembayaran SPP secara online, hingga administrasi manajerial yang dapat dimanfaatkan sebagai wadah sekolah dalam mengelola operasionalnya. 

Mari bergabung dengan Narimaya dan dapatkan berbagai kemudahan. 

Menu