Blog categories
Blog search

Cara Promosi Sekolah Yang Efektif Untuk Mengoptimalkan PPDB

Posted on2 Years ago 2037

Setiap lembaga pendidikan tentu menginginkan memiliki jumlah peserta didik yang banyak. Tentu hal tersebut bukan tanpa alasan melainkan dengan peserta didik yang banyak maka sekolah juga akan lebih mudah dalam berkembang dan meraih banyak sekali prestasi. Peserta didik yang banyak akan mencetak banyak sekali prestasi di cabang yang berbeda-beda. Tentu untuk mencetak sebuah prestasi bukan tanpa usaha melainkan juga lembaga pendidikan harus mengarahkan banyak siswanya untuk menggeluti banyak bidang yang kemudian difokuskan untuk mengikuti sebuah kejuaraan. 

Namun apa jadinya jika sebuah lembaga pendidikan tidak memiliki banyak peserta didik? Maka tentu akan sulit dalam menggapai prestasi-prestasi tersebut.  Alasan lembaga pendidikan tersebut menginginkan memiliki jumlah peserta didik banyak yaitu meningkatkan kredibilitas dari kualitas sekolah tersebut. 

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa lembaga pendidikan baik itu sekolah, universitas, maupun lembaga pendidikan informal akan dipandang memiliki citra yang positif apabila banyak siswa yang mendaftar ke lembaga tersebut. 

Oleh karena itu untuk mendapatkan banyak siswa Anda harus juga mendapatkan kepercayaannya. 

Saat ini di era informasi digital banyak orang yang mencari berbagai informasi melalui internet, tak terkecuali informasi mengenai lembaga pendidikan di indonesia. Oleh karena itu jangan pernah menyepelekan internet, Anda harus mulai membangun branding sekolah Anda di Internet. Berikut merupakan cara promosi yang efektif bagi lembaga pendidikan untuk mengoptimalkan PPDB

Miliki Website Resmi

Website bisa dijadikan sebagai wadah resmi bagi setiap lembaga pendidikan dalam mempromosikan lembaganya. Saat ini banyak lembaga pendidikan seperti sekolah, universitas, lembaga pendidikan informal memiliki website untuk mengunggah berbagai kegiatan yang dilakukan di lembaga tersebut. Bukan hanya lembaga pendidikan swasta loh yang saat ini memiliki website resmi, melainkan lembaga pendidikan resmi seperti SD, SMP, SMA negeri saat ini juga memiliki website resmi dengan domain pribadi. 

 

Website dapat menjadi wadah bagi calon peserta didik untuk mendapatkan informasi terkait sekolah impiannya, jangan lupa juga untuk mengunggah dokumentasi-dokumentasi yang nantinya akan menarik minat calon peserta didik untuk mendaftar ke sekolah Anda. 

 

Media Sosial

 

Siapa bilang lembaga pendidikan tidak boleh memiliki media sosial? Tentu sebagai lembaga pendidikan yang ingin beralih digital tidak ada salahnya untuk memiliki media sosial. Media sosial bisa dijadikan sebagai ajang branding untuk Sekolah dalam promosi.

Cukup miliki akun instagram dan mulailah unggah berbagai konten menarik seputar dunia pendidikan, konten seputar kegiatan di sekolah, konten tentang berbagai kebijakan yang menginspirasi dan masih banyak lagi

Nah itu tadi cara untuk mendapatkan daya tarik calon peserta didik, saat ini tidak cukup bagi lembaga pendidikan jika hanya menjalankan promosi konvensional, berkembangnya dunia digital seharusnya membuka peluang lebih bagi lembaga pendidikan untuk melebarkan sayapnya, maka dari itu mulailah untuk melakukan promosi secara digital juga ya!

Menu