Blog categories
Blog search

Ini Alasan Mengapa Sekolah Anda Harus Beralih ke Perpustakaan Digital

Posted on2 Years ago 618

Biasanya sebuah lembaga pendidikan memiliki sebuah perpustakaan, namun biasanya hanya berbentuk perpustakaan offline dimana untuk meminjam buku di perpustakaan tersebut setiap siswa harus datang langsung, membaca ditempat, atau bisa juga melakukan pengembalian buku. 

Semakin lama sekolah maupun universitas semakin berkembang, tak hanya memiliki perpustakaan offline saja melainkan juga sudah menyediakan perpustakaan dalam bentuk digital. Perpustakaan digital atau digital library adalah perpustakaan yang menyimpan banyak buku dalam bentuk digital. Biasanya perpustakaan digital atau yang juga akrab disebut dengan e-library berupa dapat diakses melalui gadget baik berbentuk handphone, tablet atau bahkan komputer asalkan gadget tersebut tersambung dengan internet. 

Perpustakaan digital sangat perlu untuk dipertimbangkan kehadirannya, biar bagaimanapun perpustakaan digital memiliki manfaat yang cukup banyak terlebih di pandemi seperti ini. Kira -kira apa saja manfaat adanya perpustakaan digital? Berikut adalah manfaatnya!

Pencarian yang tidak konvensional

Memiliki platform perpustakaan digital tentu dapat memudahkan proses pinjam meminjam buku. Ketika ada platform peminjaman buku maka siswa tidak perlu repot-repot datang ke perpustakaan untuk mendapatkan buku fisik, siswa hanya perlu login ke sistem dan meminjam buku yang ia inginkan dalam bentuk digital saja. Hal tersebut tentu lebih memudahkan siswa dan pihak sekolah. Terlebih lagi, siswa maupun sekolah dapat mengecek ketersediaan stock tanpa perlu melihat langsung ke laci perpustakaan, sehingga dapat memudahkan.



Terlihat Sangat Kredible

Sekolah, universitas, maupun lembaga pendidikan informal seperti lembaga bimbingan online akan sangat terlihat profesional dan kredibel ketika memiliki platform perpustakaan digital. Lembaga pendidikan yang memiliki perpustakaan digital dapat memberikan banyak informasi dan kontribusi untuk membangun negeri karena  perpustakaan digital kampus dapat digunakan sebagai sarana publikasi penelitian ilmiah dalam jurnal atau lainnya.

Mendukung pembelajaran jarak jauh

Pandemi covid 19 yang tidak kunjung usai membuat banyak siswa maupun lembaga pendidikan kewalahan dalam menjalankan proses belajar mengajar. Sementara itu untuk mendapatkan nilai yang maksimal tak jarang seorang siswa harus meminjam beberapa buku hingga jurnal penelitian, namun seperti yang kita ketahui pandemi covid 19 ini menghambat siswa untuk datang ke perpustakaan. Oleh karena itu saat ini penting sekali bagi lembaga pendidikan untuk memiliki perpustakaan digital sendiri. Dengan memiliki perpustakaan digital seorang siswa dapat mengakses setiap buku maupun jurnal tanpa harus keluar rumah. 

Menu