Blog categories
Blog search

Penerimaan Mahasiswa Baru dengan Memanfaatkan Platform Online

Posted on2 Years ago 210

Pademi covid 19 cukup memberikan banyak sekali perubahan bagi tatanan kehidupan. Banyak sektor yang cukup mendapatkan dampak yang luar biasa akibat dari pandemi covid 19 tersebut. Oleh karena itu setidaknya setiap negara harus berbenah demi bertahan di masa pandemi ini. 

Namun secara tidak langsung pandemi covid 19 belakangan ini juga memberikan dampak positif bagi suatu negara. Hal ini lantaran semenjak terjadinya pandemi secara tidak langsung juga membuka sektor digital lebih luas lagi. Mengingat sebelum terjadinya masa pandemi covid 19 masih banyak sektor yang menggunakan sistem konvensional demi menunjang operasionalnya. 

Salah satu sektor yang turut beralih dari sistem konvensional menuju sistem digital adalah sektor pendidikan, dimana dahulu masih banyak lembaga pendidikan yang masih mengandalkan sistem konvensional terlebih dalam memproses Penerimaan Peserta Didik Baru. 

Seperti yang kita ketahui sebelum masa pandemi covid 19 setiap lembaga pendidikan memilih untuk mengadakan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara konvensional dengan mengharuskan calon peserta didik untuk datang ke lembaga pendidikan yang dituju lalu mengisi formulir pendaftaran yang kemudian akan disalin datanya secara konvensional oleh petugas. 

Jika ditelaah lebih lanjut sistem tersebut tentu sudah sangat tidak efektif dan efisien.  Oleh karena itu akan jauh lebih baik di era digital ini,  setiap lembaga memiliki sebuah platform yang dapat menunjang semua kebutuhannya termasuk kebutuhan dalam memproses penerimaan peserta didik baru. 

 

Keuntungan Menjalankan PPDB Online

 

Lebih efisien 

Proses penerimaan peserta didik baru akan jauh lebih efisien ketika menggunakan sebuah platform online dalam menjalankannya. Bayangkan jika proses PPDB dilakukan secara konvensional dengan melibatkan banyak orang sebagai petugas dan mengharuskan peserta didik datang untuk menuliskan formulir pendaftaran yang kemudian harus di input ulang kedalam sistem sekolah secara manual? Hal tersebut sungguh sangat tidak efektif dan efisien. Platform penerimaan peserta didik online akan sangat memudahkan lembaga pendidikan, karena calon peserta didik tidak diharuskan datang ke lembaga pendidikan yang dituju, cukup mengisikan formulir online dan beberapa keperluan lainnya, sehingga data akan tersimpan secara otomatis di platform tersebut dan tidak perlu banyak petugas yang menjalankannya, cukup simple bukan?

 

Menghemat Waktu

 

Menggunakan platform digital untuk proses PPDB dinilai dapat menghemat banyak waktu, terutama bagi orang tua calon siswa yang ingin mendaftarkan anaknya ke lembaga pendidikan yang diimpikan namun terhalang kesibukan dalam bekerja. Tentu hanya dengan mengakses platform tersebut orang tua calon siswa hanya tinggal duduk manis dan mendaftarkan anaknya melalui gawai kesayangan tanpa perlu mendatangi lembaga pendidikan yang dituju. 

 

Terlebih di masa pandemi covid 19 ini akan sangat lebih baik apabila mengurangi intensitas pergi keluar rumah dan berkerumun dengan khalayak ramai, oleh karena itu platform digital sangat diperlukan. 

 

Data Tersimpan Digital

Ketika mengandalkan proses konvensional maka data peserta didik baru  di sebuah sekolah harus diinput ulang oleh petugas kedalam sistem, namun dengan menggunakan platform digital setiap data peserta didik baru akan tersimpan dan terekam dengan rapi dan lengkap sehingga petugas hanya perlu mengeceknya saja tanpa perlu menginput ulang. 

 

Menu