Blog categories
Blog search

Manfaat Miliki Koperasi Sekolah Dalam Bentuk Digital

Posted on2 Years ago 258

Koperasi sekolah merupakan koperasi yang dikelola oleh peserta didik di sekolah sesuai dengan jenjang sekolahnya. Pendirian koperasi ini dimaksudkan untuk melatih ekonomi gotong royong di kalangan siswa, menanamkan nilai-nilai kedisiplinan serta membiasakan siswa bisa menyisihkan keuangan melalui budaya menabung.



Pengurus koperasi sekolah sebaiknya dipilih dari siswa-siswa yang memiliki kinerja baik, bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Menunjuk orang yang tepat adalah langkah awal keberhasilan pengelolaan koperasi sekolah. Perlu dilakukan pemilihan yang didasarkan pada penilaian yang objektif terhadap kinerja siswa.

Letakkan seseorang sesuai dengan kompetensi dan kemampuannya sehingga koperasi bisa lebih bergerak dalam hal program, pengelolaan dana dan sebagainya. Ada ratusan hingga ribuan siswa yang mungkin ada di sebuah sekolah, pilihlah yang paling berkompeten untuk mengelolanya.

Cara ini akan membantu keuangan koperasi bisa lebih sehat sehingga siswa sebagai anggota dapat merasakan manfaat dana pinjaman jika sewaktu-waktu membutuhkan untuk keperluan sekolah.

Perlu Diimbangi dengan Peningkatan SDM Pengurus Koperasi

pihak sekolah perlu memperhatikan upaya peningkatan kapasitas dan kompetensi pengelola dan pengurus koperasi sekolah. Caranya bisa dilakukan dengan teknik pelatihan, pemagangan atau semacam studi banding untuk memberikan wawasan dan pemahaman baru bagi pengelola koperasi.

Berkunjung ke sekolah lain yang lebih bagus koperasinya, atau ke koperasi di lingkup lain seperti desa atau yang lainnya sangat memungkinkan bagi para pengurus dan pengelola mendapatkan pengalaman baru serta ide-ide yang baik dalam memajukan pengelolaan koperasi. Pengelolaan ini perlu serius dan dipandu pihak sekolah agar siswa termotivasi dan bersemangat mengembangkan.

Mendorong Pengembangan Kegiatan Usaha yang Produktif

Pengembangan unit-unit usaha yang dijalankan oleh koperasi sekolah perlu dipilih yang benar-benar efektif dan produktif. Di sekolah sangat mungkin dikembangkan beberapa kegiatan unit usaha seperti cafe, fotocopy, toko alat tulis, gedung serba guna, percetakan, toko buku dan sebagainya yang kira-kira paling efektif dan paling besar peluang pasarnya di sekolah tersebut.

Pengembangan unit-unit usaha ini perlu terus dilakukan untuk meningkatkan pemasukan secara signifikan. Syaratnya pengelolaan modal di awal harus efektif, produktif dan efisien sehingga bisa lebih mudah dikembangkan untuk pendirian unit-unit usaha yang lain.

Sistem dan aturan koperasi juga harus semakin diperbaiki seiring dengan semakin berkembangnya unit usaha koperasi sekolah yang dibangun sehingga tidak mandek atau bangkrut setelah berkembang lebih baik.

Menu