Blog categories
Blog search

Lakukan Cara Ini untuk Meningkatkan Skill Listening Bahasa Inggris

Posted on2 Years ago 327

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Mendengarkan lagu adalah salah satu cara yang cukup banyak dilakukan untuk meningkatkan kemampuan listening bahasa inggris. Cara ini juga menjadi cara paling favorit yang banyak dilakukan lantaran banyak yang menganggap dengan cara ini belajar bahasa inggris jadi lebih menyenangkan. 

Kamu bisa mendengarkan lagu genre apapun yang kamu suka, misalnya pop, jazz, rock, dan sebagainya. Setelah itu dengarkan setiap kata yang dilontarkan oleh sang vokalis kemudian pahamilah setiap perkataannya. 

Kamu juga bisa menuliskan setiap kata yang kamu dengar ke sebuah kertas tanpa melihat lirik dari lagu tersebut, lalu setelah lagunya selesai kamu boleh mengecek kosa kata yang kamu dengar dengan melihat ke lirik lagu tersbeut. 



Menonton Film Bahasa Inggris

Tingkatkan bahasa inggris listening mu dengan menonton film berbahasa inggris. Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar dari kamu pasti senang melihat film. Secara tidak langsung, menonton film bahasa Inggris juga merupakan salah satu cara bagi kamu untuk meningkatkan skill bahasa Inggris, jadi kamu memanfaatkan waktumu dengan efisien. 

Bisa dikatakan kunci dari belajar bahasa Inggris adalah dengan membuatnya menjadi menyenangkan tanpa adanya paksaan. Ketika kita mempelajari sesuatu dengan cara yang menyenangkan maka otak kita akan jauh lebih mudah dalam memahami pelajaran tersebut. 

Agar kegiatan menonton sambil belajar listening bahasa inggrismu lancar, maka kamu juga harus memperhatikan subtitle yang kamu gunakan.  Usahakan untuk menonton film dengan memasang subtitle bahasa Inggris bukan bahasa Indonesia.Dengan demikian, kamu akan mendengarkan sekaligus membaca teks bahasa Inggris secara bersamaan.

Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris

Mendengarkan podcast menjadi salah satu solusi bagi kamu untuk meningkatkan kemampuan listening dalam bahasa inggris. Berbeda ketika kamu menonton film dan video, walaupun ketika kamu mendengarkan podcast kamu tidak bisa melihat visualnya namun sisi baiknya kamu bisa mendengarkan dengan fokus apa saja kalimat yang diucapkan, kemudian kamu bisa menelaahnya dengan baik. 

Podcast juga menjadi platform yang dapat didengarkan di mana saja, baik ketika sedang menyetir, menaiki transportasi umum hingga pada saat jam istirahat kerja. Saat ini banyak platform podcast yang bisa kamu gunakan misalnya kamu bisa menggunakan aplikasi yang saat ini sedang banyak digunakan yaitu aplikasi sportify. Cobalah untuk mendengarkan podcast dengan bahasa asing seperti pada channel The English We Speak, TED Talks Daily, dan sebagainya.

Dengan cara itu, kamu dapat meningkatkan kemampuan listening bahasa Inggrismu kapan saja dan di mana saja kamu mau.

Berbincang Dengan Orang Asing

Berbincang secara langsung dengan orang asing juga dapat membantu kamu dalam mengembangkan kemampuan mendengarkan bahasa inggris. Dengan mendengarkan seseorang yang sudah sangat lancar berbicara bahasa inggris maka kamu akan mendengar setiap kata dengan aksen yang tepat dan itu dapat membantu kamu dalam belajar bahasa inggris.


Menu