Blog categories
Blog search

Tips Bagi Kamu Yang Ingin Magang Untuk Pertama Kali

Posted on2 Years ago 159

Istilah magang sepertinya sudah sangat akrab di telinga para mahasiswa-mahasiswi yang duduk di bangku semester 4 atau 5 perkuliahan, karena pada masa semester ini lah banyak mahasiswa yang mencari perusahaan magang demi mendapatkan nilai yang sempurna dan memenuhi syarat kelulusannya.

Namun tahukah kamu ternyata magang sendiri tidak hanya bisa dilakukan oleh mahasiswa loh, magang bisa juga dilakukan oleh seseorang yang masih berstatus pelajar, mahasiswa, atau bahkan lulusan baru, karena magang tidak hanya semata-mata untuk mencari nilai saja, melainkan ada juga tujuan yang berbeda. Tujuan magang memang lebih sering terkait dengan nilai, namun ada juga yang melakukan magang untuk mendapatkan portofolio, atau bisa juga untuk mendapatkan uang tambahan. 

Bagi kamu yang hendak menjalankan magang untuk pertama kali mungkin bingung apa saja ya hal yang kira-kira harus dipersiapkan dan dipertimbangkan? Mari simak artikel ini sampai habis ya!

Carilah Perusahaan yang sesuai

Sebelum memulai masa magang jangan lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu perusahaan mana yang hendak kamu jadikan tempat magang. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan karena kamu harus mengetahui dengan jelas detail informasi mengenai perusahaan tersebut. Jangan sampai kamu sembarangan memilih perusahaan ya, cobalah cari perusahaan yang memiliki kredibilitas. Setelah kamu yakin dengan perusahaannya jangan lupa untuk mencari tahu kuota magang di perusahaan tersebut beserta prosedur untuk melakukan program magang ya, karena biasanya setiap perusahaan memiliki beberapa perbedaan dalam melaksanakan program magang. 

Carilah posisi magang yang kamu kuasai

Ketika hendak menjalani magang perlu juga mengetahui posisi apa yang hendak kamu lamar. Sebisa mungkin untuk menjalankan posisi yang memang sesuai dengan minat kamu dan yang memang kamu kuasai. Dengan begitu kamu tidak akan merasa kesulitan ketika menjalankan masa magang tersebut. 

Karena apabila kamu belum menguasai bidangnya maka kamu harus beradaptasi lebih lama untuk menjalankan pekerjaan tersebut. Oleh karena itu sebisa mungkin carilah posisi yang memang kamu kuasai ya!

Siapkan berkas yang diperlukan

Setiap perusahaan memiliki regulasi yang berbeda-beda, tergantung kebijakan masing-masing perusahaan. Namun pada umumnya ketika hendak melakukan magang di perusahaan seseorang akan dimintai data diri baik itu berisikan Curriculum vitae (CV), scan KTP, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), portofolio dan lain sebagainya.

Menu