Blog categories
Blog search

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Masuk Kuliah

Posted on2 Years ago 161

Disiplin 

Biasakan diri untuk menjadi mahasiswa yang disiplin karena kedisiplinan juga merupakan faktor yang mempengaruhi kamu akan berhasil mengarungi dunia perkuliahan. Menjadi mahasiswa yang disiplin memang terkadang tidak mudah, namun kamu harus tetap mencobanya. Disiplin bisa dalam artian berbagai hal misalnya disiplin waktu, disiplin bekerja, disiplin dalam menjalankan setiap tugas, dan masih banyak lagi. 

Sebagai mahasiswa tentu kamu akan mendapatkan jadwal yang cukup padat, namun tetaplah untuk berusaha menjalaninya dengan baik. Mulailah untuk bangun pagi agar tidak tertinggal kelas, jangan lupa meluangkan waktu untuk mengerjakan setiap pekerjaan dan tidak menunda pekerjaan tersebut, mulailah untuk disiplin dalam mempelajari sebuah materi. Tidak apa-apa jika kamu memerlukan penyesuaian dari gaya hidup mu yang  sebelumnya hingga menjalani gaya hidup yang disiplin, namun jangan pernah menyerah untuk terus melakukannya ya. 

Bertanggung jawab

Sebagai seorang mahasiswa kamu dituntut untuk bersikap dewasa dalam menghadapi sesuatu. Mahasiswa dianggap sebagai seseorang yang bisa memposisikan diri untuk menghadapi banyak hal. Apalagi di masa perkuliahan sangat berbeda dengan masa sekolah. Ketika di masa perkuliahan kamu memiliki tanggung jawab penuh atas dirimu sendiri, berbeda dengan masa sekolah orang tua adalah walimu dan biasanya mereka akan mengurus setiap persoalan yang kamu hadapi. 

Tanggung jawab dapat berbentuk apa saja contohnya yaitu ketika kamu tidak mengerjakan tugas yang sudah diberikan dosen, maka kamu bertanggung jawab penuh atas diri kamu sendiri. Bisa saja kamu tidak mendapatkan nilai maksimal dan akhirnya membuat kamu kecewa, hal itu merupakan tanggung jawabmu kamu tidak bisa menyalahkan orang lain atas apa yang kamu perbuat. 

Selain itu bagi kamu yang berkuliah di tempat yang jauh, maka kamu terpaksa harus tinggal di asrama ataupun kamu harus hidup sendiri di sebuah kost, kamu akan bertanggung jawab atas diri kamu sendiri, bertanggung jawab atas kehidupanmu baik itu tentang kesehatanmu, atau prestasimu di kuliah. 

Belajar membuat catatan

Mahasiswa harus rajin jika ingin mendapatkan nilai yang bagus. Bisa dikatakan mencatat juga merupakan salah satu kunci sukses dalam menjalankan perkuliahan. Mulailah untuk berlatih mencatat setiap harinya sebelum kamu masuk ke dunia perkuliahan sehingga saat kamu sudah mulai kuliah kamu terbiasa untuk mencatat setiap materi yang dijelaskan oleh dosen. Apabila kamu memiliki catatan yang lengkap di setiap mata kuliah, kamu tak akan repot dalam belajar. Maka, mulailah belajar membuat catatan. Ada banyak cara efektif untuk mencatat, seperti metode garis besar, metode Cornell, metode peta pikiran, metode aliran, atau metode tulis slide. Selain itu, media untuk mencatatnya juga tak harus memakai buku dan alat tulis, bisa juga membuat catatan secara digital yang tentu akan lebih memudahkan kamu untuk mengakses catatan tersebut.

Membiasakan Diri Untuk  Membaca

Seorang mahasiswa akan mendapatkan banyak sekali materi perkuliahan, oleh karena itu mereka harus membaca setiap materi yang ada dengan seksama. Tak hanya itu terkadang dosen juga akan bertanya kepada mahasiswa tentang beberapa literatur yang diperlukan untuk menunjang jalannya perkuliahan. Maka ketika kamu sudah membiasakan diri membaca buku, kamu tidak akan kesulitan dengan kehidupan di perkuliahan. Pada dasarnya membaca adalah suatu hal penting yang harus dibiasakan, dengan membaca kamu akan jauh lebih memahami setiap materi yang ada dibandingkan kamu hanya cuek dan tidak mau tahu. Ketika di perkuliahan kamu juga harus mempelajari banyak ilmu sehingga masa perkuliahan kamu diisi dengan hal yang bermanfaat. 

Berdiskusi

Membiasakan diri untuk berdiskusi tentu tidak ada salahnya, terutama bagi kamu yang hendak menjalani dunia perkuliahan. Hal ini lantaran ketika sudah menjadi mahasiswa akan banyak sekali sesi diskusi yang akan kamu jalani. Bisa dikatakan sebagian besar mata kuliah yang ada memuat diskusi didalamnya, tak jarang juga seorang dosen akan menanyakan pendapat kamu tentang suatu hal dan akan mendiskusikan pendapat tersebut di depan kelas. Oleh karena itu kamu harus membiasakan diri dalam mengutarakan pendapat di depan banyak orang, mendengarkan kritik dan juga saran dari orang lain, membaca dan menguasai berbagai materi, dan masih banyak lagi. Ketahuilah diskusi juga akan mengasah pemikiranmu dan membuat kamu jadi lebih berkembang.

Menu