Blog categories
Blog search

Beasiswa PPA Untuk Kamu Mahasiswa Berprestasi

Posted on2 Years ago 233

Bagi kamu yang duduk di bangku SMA mungkin saat ini kamu sedang mempersiapkan diri untuk menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu, dunia perkuliahan. Saat berkuliah ada banyak beasiswa yang bisa kamu ambil untuk menunjang pendidikan. Beberapa beasiswa berasal dari pemerintah namun ada juga beasiswa yang datang dari lembaga swasta. 

Setiap mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa manapun. Salah satu beasiswa yang cukup jadi favorit yaitu beasiswa PPA. Beasiswa PPA yang merupakan kependekan dari Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik merupakan program pendidikan dari  Kementerian Riset dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti). Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan D3, D4, atau S1. 

Beasiswa PPA tidak bisa diperoleh di awal perkuliahan dimulai, beasiswa ini baru bisa didapatkan apabila mahasiswa telah menyelesaikan semester 2. Beasiswa PPA juga dikhususkan bagi mahasiswa berprestasi yang memiliki kondisi ekonomi menengah kebawah demi menunjang biaya pendidikan mahasiswa tersebut. 

Nama beasiswa PPA tentu sudah tidak asing lagi ditelinga mahasiswa, hal ini karena hampir setiap tahun Kemenristekdikti selalu membuka pendaftaran di masing-masing perguruan tinggi, bahkan tidak jarang penerima Beasiswa ini jumlahnya mencapai ratusan sampai ribuan orang. 

Bagi kamu yang gagal memasuki perguruan tinggi negeri namun ingin mendapatkan beasiswa ini, mohon jangan berkecil hati karena Kemenristekdikti tidak hanya menyiapkan beasiswa ini untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja, melainkan juga Perguruan Tinggi Swasta juga (PTS). 

 

Dengan diberikannya beasiswa ini, diharapkan mahasiswa yang kurang mampu dapat mengikuti pendidikan dengan baik sehingga mampu meningkatkan prestasinya dan ikut andil dalam meneruskan pembangunan Indonesia.

Apa Yang Didapatkan Ketika Kamu Mengikuti Beasiswa Ini? 

Setiap mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) akan mendapatkan bantuan dana pendidikan selama periode beasiswa berlangsung. Beasiswa ini dimulai sejak bulan Januari sampai Desember. Adapun besarnya dana yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sekurang-kurangnya Rp300.000 per mahasiswa per bulan

Syarat Mendapatkan Beasiswa PPA

Selayak beasiswa lainnya, untuk mendapatkan beasiswa ini diperlukan beberapa persyaratan. Persyaratan umum untuk mendaftar Beasiswa PPA tentu tidak sulit untuk dijalankan, berikut adalah persyaratannya: 



  • Mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa ini yaitu mahasiswa yang aktif bukan sedang mengambil cuti perkuliahan. 

  • Mahasiswa Program Strata 1 (S1) atau Diploma 4 (D4) yang minimal duduk di bangku semester 2 dan maksimal di semester 8

  • Mahasiswa Program Diploma 3 yang minimal telah menempuh semester 2 dan maksimal telah berada di semester 4

  • Mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 pada standar 4,00

  • Mahasiswa memperoleh peningkatan IPK dibandingkan dengan semester sebelumnya, dan yang juga merupakan mahasiswa berprestasi sehingga memperoleh IPK tertinggi. 

  • Mahasiswa yang tidak mengikuti atau mendapatkan beasiswa pendidikan di luar beasiswa PPA. 



Mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan pendaftaran Beasiswa PPA di atas selanjutnya mengajukan permohonan tertulis kepada rektor, direktur, atau ketua pimpinan perguruan tinggi terkait untuk mendapatkan bantuan dengan melampirkan berkas-berkas berikut.

Menu