Blog categories
Blog search

Apa itu Passion Dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Posted on2 Years ago 196

Bagi kamu yang masih duduk di bangku SMA mungkin pernah mendengar istilah passion, terlebih ketika kamu hendak menempuh pendidikan lanjutan di sebuah universitas, kamu akan sering mendengar kata passion ini. Biasanya kata passion muncul ketika ingin memilih jurusan perkuliahan, kira-kira begini kalimat yang sering dilontarkan:

“Lebih baik memilih jurusan berdasarkan passion atau jurusan berdasarkan yang terbanyak minat dan memiliki peluang kerja lebih baik ya?” 

Pertanyaan tersebut sering kali dilontarkan oleh siswa Sekolah Menengah Atas yang hendak ke perguruan tinggi lantaran kebingungan memilih jurusan apa yang akan mereka pilih selama di universitas. Tapi sebenarnya apa sih arti passion itu sendiri? 

Apa itu passion?

Passion adalah sebuah ketertarikan seseorang pada suatu hal atau kegiatan. Banyak yang menganggap passion mirip dengan hobby, namun ternyata passion berbeda dengan hobby loh. Hobi dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu, sedangkan passion umumnya akan tetap sama meskipun kondisi kita berubah-ubah.

Passion satu orang dengan orang lainnya belum tentu sama, hal ini lantaran pribadi satu dengan pribadi lainnya kemungkinan memiliki background yang berbeda dan memiliki ketertarikan yang berbeda pula.  Passion sendiri ada banyak sekali jenisnya, ada orang yang memiliki passion dalam bidang musik, ada juga yang memiliki passion di bidang perfilman, fotografi, berbicara dan masih banyak lagi.

Contohnya bagi orang yang memiliki passion di bidang musik, akan cenderung peka terhadap musik-musik, bisa memainkan alat musik, bisa bernyanyi, atau bahkan ada juga yang bisa menciptakan lagu sendiri. 

Bagaimana cara mendapatkan passion 

Setelah membaca penjabaran diatas mungkin banyak dari kamu yang bertanya-tanya mengenai passion mu, hal ini wajar saja karena ternyata masih banyak yang kebingungan dalam menemukan passion. Lalu bagaimana sih cara yang tepat untuk mendapatkan passion? 

Passion bukan semata-mata hobby belaka, melainkan minat yang memang melekat dalam dirimu. Namun jika kamu masih kebingungan menemukan passion maka kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini: 

Mencoba mencari tahu minat

Cobalah untuk mencari tahu apa saja hal yang kamu senangi. Misalnya kamu memiliki berbagai kegemaran, seperti gemar fotografi, musik, atau mungkin gemar berhitung namun kegemaran-kegemaran tersebut tidak kamu kuasai dengan baik, hanya sekedar menggemari saja, lalu apakah kamu memiliki tiga passion?

Jawabannya bisa iya atau bisa juga tidak. 

Setiap orang bisa jadi memiliki lebih dari satu passion, walaupun sangat jarang seperti itu. Namun apabila kamu tidak yakin tentang passion mu, cobalah untuk mencari tahu lebih lanjut atau mengikuti pelatihan-pelatihan yang kamu anggap sesuai dengan kegemaran kamu, jika kamu enjoy dalam menjalankannya maka bisa jadi itu adalah passionmu.

Mencoba untuk fokus pada satu bidang 

Untuk menemukan passion cobalah untuk fokus menjalankan satu bidang yang memang benar-benar kamu gemari. Mulailah tanya pada diri kamu sendiri apa sih hal yang kamu suka? Contohnya kamu suka berbicara, maka tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba membuat konten kreasi video dan lain sebagainya. 

Dengan kamu fokus menekuni sesuatu yang kamu sukai maka kamu akan lebih yakin dalam menentukan passion mu, sehingga tidak akan sulit memilih jurusan mana yang hendak kamu pelajari lebih lanjut. 

Menjajal hal baru 

Apabila kamu belum yakin juga mengenai passionmu, dan merasa belum ada kegiatan yang benar-benar kamu gemari, cobalah untuk melakukan hal baru yang sebelumnya belum pernah kamu coba. Kemudian setelah itu fokuskan untuk beberapa waktu, dengan begitu kamu akan mengetahui apakah kamu enjoy dalam menjalankannya atau tidak. Apabila kamu enjoy dalam menjalankannya bisa jadi hal tersebut adalah passionmu. 

Menemukan passion memanglah tidak mudah namun akan lebih baik jika kamu memiliki passion dalam diri, hal ini lantaran passion dapat menambah semangatmu dalam menjalani hidup. Untuk menemukan passion tentu kamu harus bersabar ya, dan jangan lupa untuk menjalankan 3 tips dari Narimaya!

Menu