Blog categories
Blog search

Ini Dia Teknik Membaca Efektif Yang Bisa Kamu Coba!

Posted on2 Years ago 978

Kalau kamu merupakan seseorang yang gemar membaca, pertahankan kebiasaan mu itu ya. Membaca memiliki segudang manfaat yang bagus untuk mu, melalui membaca kamu bisa meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kemampuan berpikir analitis, serta mengurangi stress. 

Entah itu buku pelajaran, buku berbau fiksi atau pun buku digital kegiatan membaca menjadi salah satu kegiatan yang selalu menyenangkan, dengan membaca kita jadi lebih tahu banyak hal. 

Akan tetapi kamu tahu tidak ternyata membaca memiliki berbagai teknik loh, agar lebih efisien dan efektif. Teknik-teknik ini akan membantu kamu membaca dengan waktu yang singkat namun tetap dimengerti dan dipahami oleh otak.

Terkadang kita menghabiskan waktu yang cukup lama hanya untuk menamatkan satu buku, tapi dengan teknik ini, kita bisa mempersingkat waktu dalam membaca. kamu akan lebih mudah memahami materi tanpa harus membuang banyak waktu.

Kira-kira apa saja ya teknik-teknik membaca tersebut? Simak artikel ini lebih lanjut ya!

Scanning

Teknik membaca scanning atau yang bisa disebut juga dengan teknik membaca sepintas lalu. Teknik yang satu ini bertujuan untuk mendapatkan suatu informasi tanpa membaca yang lain-lainnya, dalam artian ketika kamu membaca dengan teknik ini kamu hanya akan mencari bacaan atau informasi yang kamu butuhkan dan melompati bagian yang kamu rasa tidak perlu. 

Pada teknik ini tidak mewajibkan kamu membaca seluruh kalimat, kamu bisa membaca kata kunci yang dirasa perlu saja. Namun untuk melakukan teknik ini dibutuhkan konsentrasi yang tinggi sehingga kamu bisa tetap memahami isi bacaan tersebut walaupun tidak membacanya secara lengkap. 

Skimming

Teknik skimming merupakan teknik membaca yang mengandalkan kecepatan dalam membaca. Pada teknik ini biasanya seseorang akan membaca di awal kalimat hingga akhir bacaan secara cepat namun cermat, tanpa meninggalkan satu baris kalimat pun. Teknik ini bisa kamu gunakan untuk meninjau buku-buku yang memiliki banyak bacaan, teknik ini juga berguna ketika kamu sedang melangsungkan ujian dan diharuskan membaca paragraf panjang, dengan begitu kamu tidak membuang waktu ujian mu. Cukup membaca cepat untuk mengetahui inti dari paragraf tersebut. 

Selecting

Teknik membaca selecting adalah teknik membaca pilih-pilih. Teknik ini biasanya dilakukan untuk menentukan bacaan mana yang hendak dibaca. Pada teknik ini pembaca akan memilih bacaan mana yang menarik dan membuatnya ingin tahu. 

Biasanya teknik ini digunakan ketika pembaca membaca koran, majalah, atau bahkan berita di media online yang memiliki banyak sekali judul dan topik. Umumnya teknik ini digunakan oleh seorang yang ingin mencari informasi untuk mengembangkan tulisannya. 

Skipping

Skipping merupakan teknik membaca dengan mengabaikan bagian yang dirasa tidak diperlukan. Pada teknik ini pembaca akan melompati bagian yang dirasa ia sudah mengerti dan beralih ke bagian selanjutnya. Dalam artian, apabila bacaan yang dibaca tidak berkesinambungan dengan yang kamu butuhkan, maka akan lebih baik untuk menggunakan teknik ini. Umumnya  teknik ini digunakan untuk segala macam bacaan.

Narimaya sebagai platform yang dibuat khusus untuk mempersiapkan lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal menuju ranah yang lebih digital. Mempermudah proses administrasi yang tersimpan secara aman dalam satu dasbor online mulai dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pembayaran uang sekolah atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dengan dilengkapi toko online yang dapat digunakan untuk pembelian kebutuhan pendidikan melalui koperasi online. Tak hanya itu Narimaya juga menyediakan platform peminjaman buku perpustakaan melalui E-library dengan notifikasi pesan secara otomatis melalui Whatsapp.

 

Dapatkan juga domain pribadi yang bisa digunakan sebagai website Sekolah, Bimble, ataupun Universitas yang bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan baik itu sebagai media informasi maupun sebagai media komunikasi untuk murid, orang tua, maupun publik. 

 

Mari bergabung dengan Narimaya demi mewujudkan efisiensi pengelolaan administrasi lembaga secara GRATIS. 

 

Narimaya solusi digital sistem transaksi keuangan lembaga pendidikan. 

Menu