Blog categories
Blog search

Tips Agar Belajar Fisika Terasa Menyenangkan

Posted on1 Year ago 269

Ubah Mindset

Pasti kamu pernah mendengar istilah mindset yang baik maka akan membawa kamu pada pikiran yang positif dan pikiran positif akan membuat kamu mengerjakan sesuatu dengan sikap yang penuh semangat, begitu juga sebaliknya apabila kamu memiliki mindset negatif akan sesuatu maka dapat dipastikan kamu tidak akan semangat dalam mengerjakan hal tersebut, bisa jadi kamu enggan melakukannya. 

Banyak yang bilang pelajaran fisika mirip dengan pelajaran matematika, kemiripannya yaitu pada letak kesulitan pelajarannya. Banyak siswa yang menyerah dalam mengerjakan mata pelajaran ini, mereka beranggapan bahwa mereka tidak sanggup mengerjakannya karena mengandung banyak perhitungan. Namun ada juga yang diantara mereka yang belum apa-apa sudah tidak ingin belajar fisika, nah mindset merekalah yang harus diubah. 

Fisika tidak selalu menjadi pelajaran yang sulit, cobalah untuk perlahan-lahan mencintai fisika. Rubahlah mindsetmu yang awalnya menganggap fisika itu berat dan menjadi beban jadi menganggap bahwa fisika itu merupakan tantangan yang harus dipelajari dan ditaklukan agar bisa mendapatkan nilai yang maksimal. 

Pahami Rumus

Sama dengan mata pelajaran matematika mata pelajaran fisika juga mengandung rumus didalamnya, mungkin hal tersebutlah yang menyebabkan banyak siswa menganggap bahwa fisika itu merupakan pelajaran yang cukup sulit. Maka tidak jarang mereka berusaha menghafal setiap rumus yang ada. Namun tahun kamu bahwa akan lebih efektif apabila kita memahami rumus dibandingkan kita menghafal rumus-rumus?

Ketika kita mempelajari mata pelajaran yang mengandung banyak sekali rumus dan hanya menghafalkan rumus-rumus tersebut tanpa memahaminya dikhawatirkan rumus-rumus tersebut akan cepat dilupa, namun berbeda jika kita memahami rumus-rumus tersebut maka kemungkinan kamu tidak akan melupakannya untuk jangka waktu yang lama. 

Banyak Berlatih Soal 

Pernahkah kamu mendengar istilah practice makes perfect? Istilah ini sering digunakan untuk menunjukan bahwa ketika ingin meraih sesuatu dengan sempurna maka kamu harus sering berlatih. Belajar fisika juga demikian, kamu harus berlatih dengan mengerjakan banyak soal agar kamu terbiasa dengan soal-soal tersebut lalu akhirnya menguasainya. 

Berlatih soal fisika tidak hanya bisa kamu lakukan di sekolah melainkan juga bisa dengan mengerjakan berbagai soal yang tersedia di internet. Cobalah untuk mengulik fisika dengan mengerjakan beberapa soal yang ada di berbagai platform belajar online, dengan begitu kamu akan lebih mengenal fisika lebih dalam. 

Biasakan mencatat

Pelajaran fisika memiliki materi yang cukup banyak oleh karena itu kamu harus mencatat setiap materi di dalamnya, tak hanya itu fisika juga memiliki banyak sekali rumus maka  akan sangat disayangkan apabila kamu tidak mencatat materi dengan lengkap. Selain itu mencatat juga dapat membantu kamu mengingat setiap materi yang ada dengan baik dan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Untuk mencatat setiap materi kamu bisa mencatat dengan buku catatan, dengan menggunakan berbagai warna atau saat ini juga banyak orang yang mengganti buku catatan dengan tab sehingga lebih mudah dan bisa berwarna. 

Menu