Blog categories
Blog search

5 Inovasi Untuk Model Pembelajaran Yang Lebih Efektif

Posted on1 Year ago 21

Berbicara tentang inovasi, tentu terbesit di pikiran kita suatu penemuan atau hal baru yang keren. Hal tersebut memanglah benar, menurut KBBI istilah “inovasi” berarti penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Dalam hal ini, teknologi, pengetahuan, dan ide sangat erat kaitannya dengan inovasi. Seiring dengan perkembangan zaman, sudah banyak inovasi yang diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia dalam segala aspek kehidupan. Begitu juga dalam bidang edukasi dan teknologi, inovasi juga diperlukan untuk membentuk model pembelajaran yang efektif. Penasaran apa saja? Yuk, simak penjelasan di bawah ini

5 Inovasi Untuk Model Pembelajaran yang Lebih Efektif

Pembelajaran Multimodal

Tidak semua orang menyukai cara belajar dengan membaca dan membayangkan materi pelajaran. Pembelajaran Multimodal hadir sebagai inovasi model pembelajaran yang menggabungkan tindakan, suara, gambar, tulisan, dan sebagainya. Buat kamu yang ingin mempelajari bahasa asing, model pembelajaran ini sangat cocok untuk membantumu dalam mempelajari, memahami, dan mengingat huruf bahasa yang rumit seperti bahasa Jepang, Korea, Arab, dan bahasa asing lainnya.

Pembelajaran Jarak Jauh

Di era digital saat ini, jarak seharusnya bukan lagi menjadi hambatan dalam dunia pendidikan. Sejak kemunculan teknologi koneksi internet, seiring dengan perkembangannya kamu bisa belajar apapun dari siapapun tanpa ada yang membatasi. Beberapa perguruan tinggi sudah menerapkan pembelajaran daring (dalam jaringan)

Pembelajaran Berbasis Komunitas


Selain dimanfaatkan untuk terkoneksi kembali dengan teman lama atau sanak keluarga yang jauh dari kamu. Jejaring sosial juga bisa digunakan untuk membentuk atau bergabung dengan komunitas belajar. Di sana kamu bisa bertukar informasi dan berlatih.

Peningkatan Kontribusi Peserta Didik


Proses pembelajaran dinilai akan lebih efektif jika peserta didik terlibat aktif di dalamnya. Sebagian siswa kurang fokus untuk mengikuti materi yang diberikan di ruang kelas, dikarenakan pengajar yang tidak tahu bagaimana menghidupkan suasana belajar di kelas.  Melalui inovasi berupa webinar, peserta didik dapat belajar dimanapun asal terhubung dengan internet.

Pembelajaran Berbasis Permainan


Bermain dan belajar? bisakan dikombinasikan? Tentu saja bisa! bermain game dilakukan untuk mengurangi rasa lelah dan bosan. Game-based learning (GBL) atau pembelajaran berbasis permainan merupakan pendekatan yang membuat materi pembelajaran dalam bentuk permainan sehingga proses pembelajaran lebih menarik dan berjalan dengan lancar. Reward dalam pembelajaran ini dapat berupa level, score, lencana, dan sebagainya yang diberikan setelah siswa menyelesaikan tugas/materi pelajaran

Jika kamu mencoba inovasi lima model pembelajaran di atas maka proses pembelajaran akan lebih efektif dan menyenangkan, lho. Selamat mencoba!

Menu