Blog categories
Blog search

Fakta yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jurusan Farmasi

Posted on1 Year ago 24

Fakta yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jurusan Farmasi

Hampir semua orang memandang jurusan farmasi merupakan jurusan yang hanya membahas tentang obat-obatan. Namun, tahukah kamu bahwa ilmu farmasi tidak hanya membahas obat-obatan? Ilmu farmasi mempunyai ruang lingkup yang luas, ia juga terlibat dalam bidang kosmetik, makanan, dan minuman. Ahli farmasi akan memulai perannya dengan menemukan obat hingga obat itu dapat dipasarkan dan dapat dipertanggungjawabkan keamanannya kepada masyarakat. Farmasi dikenal sebagai ilmu yang sangat kompleks dan sulit untuk dipelajari. Namun, jurusan farmasi termasuk dalam jurusan yang banyak peminatnya. Kamu penasaran dengan jurusan farmasi? Berikut fakta-faktanya

Multisubjek

Pada jurusan ini kamu tidak hanya terfokus pada satu bidang saja, justru kamu harus mempelajari serangkaian mata kuliah dari berbagai bidang seperti fisika, kimia, biologi, matematika, teknik, ekonomi, bahkan kesenian. Fakta tersebut bisa menjadi hal yang menarik atau mungkin menakutkan. Menariknya dengan kombinasi bidang tersebut, kamu tidak akan bosan karena melingkupi berbagai ilmu pelajaran, tetapi akan menjadi hal yang mengerikan karena kamu dituntut untuk menguasai semua bidang tersebut.

Banyak Praktikum

Buat kamu yang menyukai praktikum, jurusan farmasi menjadi pilihan yang sesuai untukmu. Dalam seminggu kamu bisa praktikum sebanyak  tiga sampai lima kali. Tidak heran jika anak farmasi kelihatan sangat sibuk dalam kesehariannya.

Farmasi tidak hanya bikin obat-obatan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, banyak orang menganggap bahwa mahasiswa farmasi hanya mempelajari tentang obat-obatan, namun , dugaan tersebut salah karena pada jurusan ini kamu akan menciptakan produk-produk seperti skincare, makanan, dan minuman.

Didominasi oleh Mahasiswi

Farmasi memang dikenal dengan jurusan yang isinya kebanyakan perempuan. Jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa maka perbandingannya dalam satu angkatan sekitar 1:3. Namun, untuk kamu para pria yang berminat di bidang farmasi, jangan khawatir untuk dan merasa sebagai minoritas.

Perlu ketelitian dan ketekunan 

Pasalnya dalam jurusan yang sangat kompleks ini kamu dituntut untuk sangat teliti dan tekun dalam melakukan suatu kegiatan baik disaat praktikum maupun tidak. Akan menjadi fatal jika kamu tidak teliti dalam mengukur bahan kimia dan berhitung matematika atau yang lainnya yang bisa membahayakan diri kamu dan orang lain.

Nah, kelima fakta itu menggambarkan bagaimana jurusan farmasi sebenarnya dan bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih jurusan. Good luck!

Menu