Blog categories
Blog search

Ini Yang Harus Dilakukan Jika Kamu Mahasiswa Jurusan Hukum

Posted on1 Year ago 21

Melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan adalah impian setiap orang yang ingin mengembangkan skill dan pengalamannya. Menjadi seorang mahasiswa adalah anugerah yang wajib disyukuri. Begitu juga bila kamu menjadi seorang mahasiswa hukum. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan jika kamu menjadi mahasiswa hukum, apa saja? ini dia penjelasannya

Rajin Membaca


Tidak dapat dielakkan bahwa membaca merupakan aktivitas dengan segudang manfaat. Kegiatan membaca membuka wawasan secara luas, untuk itu mahasiswa hukum dituntut untuk rajin membaca berbagai literatur mengenai hukum, baik yang bersumber dari buku, jurnal, artikel, dan lainnya. Literasi sudah mendarah daging pada mahasiswa hukum. Senjata mereka dalam mengemukakan pendapat dan mengambil tindakan tidak lain dan tidak bukan berasal dari literatur yang mereka baca.

Kontekstual bukan tekstual


Mahasiswa tidak bisa hanya bertindak secara tekstual atau hafalan saja. melainkan mahasiswa sangat perlu untuk memahami konsep dari apa yang mereka hafalkan. Sebab dengan memahami konteks kita dapat mengingat selama-lamanya berbeda dengan hafalan yang sifatnya hanya sementara.

Perbanyak Relasi


Relasi atau hubungan bukan hanya dibutuhkan dalam kelompok belajar di kelas. Relasi yang dimaksud dalam hal ini seperti mengikuti berbagai macam kegiatan diluar kelas seperti organisasi, kegiatan sosial, dan berperan aktif di tengah masyarakat. Sebagai mahasiswa hukum, relasi adalah hal yang wajib dilakukan. Karena dengan relasi yang luas kita bisa memperoleh ilmu untuk digunakan dalam fokus bidang kita.

Peka terhadap keadaan sosial


Peran mahasiswa hukum sangat diperlukan untuk menepis kesalahan hukum di Indonesia yang lebih tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Untuk itu, mahasiswa hukum diharapkan peka dengan keadaan di sekitarnya melalui cara menjadi konsultan di Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum serta membantu masyarakat yang membutuhkan

Up to date, dengan Isu Hukum


Mengikuti pergerakan dunia politik-hukum di Indonesia sangat penting bagi mahasiswa hukum. Biasanya dosen akan mengangkat peristiwa hukum terbaru sebagai bahan analisis saat pembelajaran berlangsung.

Latih Analytical dan Critical Thinking-Mu


Sebagai mahasiswa hukum, kamu harus mengasah kemampuan menganalisa dan berpikir kritis jika dihadapkan oleh berbagai macam persoalan sosial di masyarakat. Kamu bisa melatih dua kemampuan tersebut dengan mengikuti organisasi yang berfokus pada dunia hukum.


Menu