Blog categories
Blog search

Alasan Mengapa Pendidikan Taman Kanak-kanak Sanat Penting

Posted on1 Year ago 21

Taman kanak-kanak identik dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan pada jenjang ini diupayakan untuk membina anak-anak sejak lahir hingga usia enam tahun melalui rangsangan pendidikan. Pendidikan taman kanak-kanak membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak supaya siap untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya dan menghadapi fase dewasa. Namun, masih saja beberapa orang memandang remeh pendidikan taman kanak-kanak, padahal pendidikan ini punya tujuan yang begitu baik yaitu untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas serta tumbuh dan berkembang sebagaimana seharusnya. Tahukah kamu alasan dibalik banyak tersedianya permainan pada pendidikan taman kanak-kanak? Itu dikarenakan anak diberikan pola pendidikan yang memang dikhususkan untuk bermain dan sambil belajar. Proses pembelajarannya dilaksanakan dalam lingkungan taman berupa wahana bermain yang bersih, aman, dan nyaman serta menyenangkan. 

Pentingnya pendidikan di usia dini membuat orang tua menyadari bahwa sekolah atau pendidikan taman kanak-kanak  ini diperlukan agar anak dapat memahami lingkungannya seperti mengenal hewan-hewan, mengenal warna, huruf, dan angka-angka. Berikut ini merupakan keuntungan sisi positif dari pendidikan taman kanak-kanak :

Membuat anak Sehat dan Bugar Secara Jasmani Serta Merangsang Sel-sel Motorik Anak

Ternyata fakta dibalik sekolah taman kanak-kanak yang didesain seperti tempat bermain adalah untuk membuat anak semakin sehat dan bugar sekaligus melatih dan merangsang sel-sel motorik anak. Anak-anak yang lebih banyak bermain sendiri berpotensi membuat anak lebih kreatif disaar anak berkembang di masa depannya.

Melatih berkomunikasi, kreatifitas Anak dan Kemandirian Anak

Ketika anak-anak berkumpul di sekolah tamn kanak-kanak mereka akan saling berinteraksi yang melatih mereka berkomunikasi sekaligus menumbuhkan kreatifitas anak seperti membentuk kertas origami dan permainan lainnya. Selain itu, juga akan memunculkan kemandirian anak karena di taman kanak-kanak mereka diajarkan untuk membuka sepatu, gosok gigi, dan hal sederhana lainnya.

Merangsang Imajinasi dan Bakat Anak

Kegiatan bermain yang diselingi belajar pada anak-anak secara tidak langsung merangsang imajinasi anak dan bakat anak, hal ini dapat dilihat dari permainan apa yang mereka pilih dan minati. Sehingga dari hal kecil tersebut guru dan orang tua dapat mengembangkan potensi anak sesuai minat dan bakat yang ada pada dirinya

Itulah pentingnya pendidikan taman kanak-kanak yang terlihat sepele namun sangat penting untuk kesiapan anak dalam menempuh pendidikan ke jenjang selanjutnya. Maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan taman kanak-kanak sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara psikis maupun fisik.

Menu