Blog categories
Blog search

Tips Belajar Ala Siswa Korea Selatan

Posted on1 Year ago 22

Setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing, namun tak menjadi masalah jika ingin mencoba cara belajar orang lain yang mungkin bisa jadi lebih efektif. Bukan hanya pada teman sekelas. Namun, referensi gaya belajar juga bisa didapatkan dari siapa saja dan dari mana saja. Misalnya seperti gaya belajar siswa Korea Selatan yang dikenal dengan sifat siswa nya yang rajin dalam belajar dan sistem pendidikannya yang begitu ketat. Terlepas dari fakta tersebut, gaya belajar yang efektif dari siswa Korea ini terbukti membuat mereka menjadi salah satu siswa terpintar di dunia. Berikut cara belajar yang sering mereka terapkan :

Selalu disiplin waktu

Demi mewujudkan gaya belajar yang sehat, para siswa di Korea selatan selalu disiplin waktu. Waktu belajar yang mereka pakai dalam sehari adalah sekitar 13 jam dan 7 jam untuk tertidur. Dilihat dari waktu yang terpakai, cara belajar mereka memanglah ekstrem. Tentu hal tersebut sangat sulit untuk diterapkan di Indonesia, maka kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kenyamanan agar tidak mengganggu kesehatan. Selama bisa disiplin dan menaati waktu yang sudah ditentukan, niscaya tubuh pelan-pelan akan terbiasa.

Tempat belajar yang nyaman

Mengutip laman College Info Geek, siswa akan lebih kreatif jika belajar di cahaya yang hangat, sekitar 3000K. Sedangkan dibawah pencahayaan yang dingin sekitar 6000K, siswa cenderung lebih bisa berkonsentrasi. Fokus belajar akan menjadi meningkat bila ruangan didesain memang khusus untuk tempat belajar. Aturan tempat yang nyaman ini berlaku pada semua gaya belajar baik kinestetik maupun auditori

Mempunyai mental pekerja keras

Menurut Forbes, Korea Selatan merupakan salah satu negara yang penduduknya terkenal sebagai pekerja keras. Mental yang seperti ini bisa kamu tiru. Yuk, semangat dalam meraih cita-citamu dan yakinlah bahwa usaha tidak akan menghianati hasil.

Mengkombinasikan dua gaya belajar

Mengkombinasikan dua gaya belajar mampu menjadi alternatif untuk meningkatkan fokus dan produktivitas. Terdapat 8 macam gaya belajar yang bisa kamu pilih. Namun pilihlah yang berkaitan dan saling mendukung agar tidak membingungkan. Misalnya menggabungkan gaya belajar visual dengan gaya belajar analitik yang keduanya bisa membuat pembelajaran menjadi semakin efektif dan membuahkan hasil yang maksimal. Sesuaikan dengan kenyamanan dirimu sendiri !

Sistem 20 Menit!

Rata-rata siswa di Korea Selatan hanya membaca atau mengerjakan satu subjek dalam 20 menit saja. Setelah 20 menit, mereka akan berganti mengerjakan hal lain. Kecuali, kalau memang sedang mengkhususkan waktunya untuk mempelajari suatu  materi tertentu.

Menu