Blog categories
Blog search

Meningkatkan Prestasi Dengan Belajar Kelompok

Posted on1 Year ago 19

Tahukah kamu bahwa belajar kelompok dapat meningkatkan prestasi seseorang? Manfaat belajar kelompok tidak kalah baik dengan belajar secara individu. Belajar kelompok merupakan model pembelajaran yang terdiri atas dua orang atau lebih. Proses pembelajaran tersebut dilakukan secara berkelompok, para anggota kelompok saling berinteraksi dan berkontribusi memberikan sumbangan untuk mencapai tujuan bersama. Dengan kata lain, belajar kelompok dapat menghasilkan output berupa pemahaman akan suatu pelajaran secara tepat. Belajar kelompok memerlukan keikutsertaan anggota yang aktif  seperti setiap individu saling mempengaruhi, memberikan sumbangan pikiran, dan berhubungan satu sama lain. Belajar kelompok juga dilakukan berdasarkan pembagian tanggung jawab antaranggota. 

Melalui belajar kelompok, anggota memiliki kesempatan untuk mempelajari cara berpartisipasi secara efektif, belajar menjadi anggota yang baik, belajar cara berdiskusi, menenangkan ketegangan-ketegangan, menghimpun pemikiran, menerima kepemimpinan, kerja sama demi kebaikan kelompok. 

Belajar kelompok  menuntut adanya kemajuan progress terhadap kegiatan kelompok. Kemajuan yang sudah dicapai dan hasil yang telah diperoleh serta bagaimana kinerja kelompok. Pada kegiatan belajar kelompok, pemberian reward kepada anggota kelompok merupakan hal yang penting. 

Berdasarkan beberapa sumber, belajar kelompok ini bertujuan untuk memanfaatkan berbagai skill yang dimiliki para siswa. Dengan begitu siswa dapat menyalurkan kemampuannya masing-masing. Selain itu, belajar kelompok juga bertujuan untuk mengembangkan cara berpikir kritis dalam menemukan solusi dari persoalan yang ada, mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan komunikasi serta meningkatkan rasa percaya diri dan mampu menghargai orang lain. 

Dengan membentuk kelompok belajar, maka siswa akan termotivasi dalam belajar bersama teman yang satu dengan lainnya. Saling berbagi informasi dan pengetahuan antara teman. Membangun komunikasi timbal balik dengan adanya diskusi. Belajar kelompok dinilai lebih menyenangkan karena dilakukan secara bersama-sama.

Belajar kelompok dapat membantu meningkatkan prestasi apabila dalam proses pembelajarannya berjalan dengan efisien. Adapun unsur-unsur agar suatu pembelajaran kelompok menjadi efisien yaitu,  tersedianya berbagai macam kebutuhan anggota yang dinyatakan dalam permasalahan. Masalah-masalah itu diajukan dalam bentuk pertanyaan sehingga menimbulkan jawaban yang berbeda dari setiap anggota kelompok. Tiap individu bertanggung jawab memberikan saran atau opini maupun kritik sehingga terciptanya proses pertukaran pendapat dan pengalaman dalam kelompok.



Menu