Blog categories
Blog search

Ini Dia Macam-macam Metode Pelajaran Yang Bisa Dicoba

Posted on1 Year ago 19

Setiap pengajar perlu mengenai metode pembelajaran apa yang akan digunakan dalam melakukan proses belajar-mengajar. Hal ini penting dilakukan untuk mencapai tujuan pengajaran yang telah dirumuskan sebelumnya. Ada beberapa jenis metode pembelajaran yang bisa digunakan oleh pengajar. Lalu apa saja metode pembelajaran yang dapat digunakan? Untuk lebih jelasnya simak 5 metode pembelajaran yang bisa kamu coba

Metode Pembelajaran Konvensional


Menjadi pertama dan yang paling sering digunakan adalah metode konvensional atau biasa disebut dengan metode ceramah. Di dalam metode ini pengajar akan menyampaikan informasi secara lisan dengan cara berceramah. Metode yang satu ini adalah metode yang paling praktis karena tidak memerlukan alat bantu. Kelebihan dari metode ini yaitu peserta didik menjadi lebih fokus, dapat diikuti oleh banyak peserta, dan pelaksanaannya yang mudah. Namun, metode ini juga memiliki kekurangan yaitu peserta didik menjadi pasif dan proses pembelajaran cenderung membosankan.

Metode Diskusi


Metode diskusi tidak kalah praktisnya dengan metode yang telah disebutkan sebelumnya. Pada pelaksanaannya antara pengajar ataupun peserta didik akan bertukar informasi, pengalaman, dan pendapat untuk memahami tentang sesuatu. Kelebihan dari metode ini adalah memperluas wawasan, menjadikan musyawarah sebagai sarana dalam memecahkan persoalan, dan merangsang kreativitas peserta didik dalam bentuk ide atau pendapat. Disisi lain, metode diskusi memiliki kekurangan karena dalam prosesnya membutuhkan waktu yang lama.

Metode Eksperimen


Metode selanjutnya adalah metode eksperimen atau metode percobaan. Metode ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengerjakan suatu percobaan. Tidak heran jika dalam metode ini, sering terjadi trial-error karena dalam metode ini peserta didik membuktikan sendiri tentang sesuatu yang dipelajari. Kelebihannya adalah siswa menciptakan terobosan baru dan peserta didik lebih percaya atas kebenaran berdasar pada eksperimen yang ia lakukan. Sedangkan kekurangannya adalah memerlukan fasilitas yang memadai dan menuntut ketelitian serta kesabaran.

Metode Tanya Jawab


Pada metode ini terjadi komunikasi dua arah melalui dialog antara pengajar dengan peserta didik. Dalam prosesnya pengajar akan bertanya kepada peserta didik dan begitu sebaliknya. Sehingga terbentuknya hubungan timbal balik di antara kedua pihak tersebut. Metode ini memiliki keunggulaln yaitu pertanyaan yang diajukan akan menarik dan menjadi pusat perhatian pesera didik sehingga merangsang daya pikir peserta didik lainnya untuk menjawab. Kekurangan dari metode ini adalah peserta didik merasa takut untuk bertanya jika pihak guru cenderung pasif untuk menghidupkan suasana pembelajaran.

Metode Resitasi

Metode resitasi merupakan metode mengajar yang mana peserta didik diharuskan membuat resume dengan kalimat sendiri. Dari sisi kelebihannya peserta didik akan mengingat pelajaran lebih lama. Sedangkan kekurangannya adalah tugas yang diberikan kerap kali dikerjakan oleh orang lain dan tanpa pengawasan. 

Menu