Blog categories
Blog search

Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Saat Menjadi Mahasiswa Baru

Posted on1 Year ago 133

Setiap pergantian tahun, ada banyak berbagai hal baru yang harus dipersiapkan. Seperti tahun ajaran baru yang selalu dialami, baik siswa maupun mahasiswa. Proses adaptasi yang selalu dilakukan akan berbeda di setiap jenjangnya, seperti perubahan status dari siswa ke mahasiswa. Oleh karena itu, yuk disimak beberapa hal penting yang wajib dilakukan ketika menjadi mahasiswa baru:

Mengetahui Kata atau Kalimat Baru di Perkuliahan

Setelah dinyatakan resmi menjadi mahasiswa, masih terdapat beberapa hal yang harus dilakukan. Mahasiswa baru harus mengetahui apa istiah-istilah baru yang ada di perkuliahan, seperti sks, matkul, krs, dan lain sebagainya. Hal itu wajib diketahui agar memudahkan mahasiswa untuk melakukan perkuliahan ke depannya.

Mencari Informasi Mengenai Tata Tertib Kampus

Sebelum beranjak jauh, setiap mahasiswa khususnya baru harus mengetahui tata tertib yang ada di kampusnya. Upaya tersebut wajib dilakukan agar terhindar dari adanya pelanggaran selama menjadi mahasiswa yang akan berjalan sekitar 3 - 4 tahun ke depan. Selain itu, peraturan kampus tentu berbeda dengan peraturan sekolah dahulu, dan juga berbeda dengan kampus lainnya sehingga tata tertib wajib diketahui sebagai mahasiswa baru. 

Membiasakan Diri untuk Banyak Membaca

Proses pembelajaran ketika duduk di bangku SMA tentu akan berbeda ketika di kuliah. Dengan begitu, membaca menjadi salah satu hal penting dalam perkuliahan. Ketika kelas belum dimulai, mahasiswa dapat membaca bahan perkuliahan yang akan dibahas untuk menambah dan memperluas pemahaman.

Belajar Mandiri 

Menjadi seorang mahasiswa juga menjadi latihan bagi seseorang untuk meningkatkan kepercayaan diri. Sebab, di perkuliahan setiap orang dituntut untuk mandiri di segala hal, baik ketika belajar, dalam hal pertemanan, dan lain sebagainya. Tidak lagi bisa mengandalkan siapapun karena proses itulah yang akhirnya membentuk jati diri seseorang untuk masa depannya nanti.

Belajar Hemat dan Menabung

Kebutuhan mahasiswa ke depannya tentu akan lebih banyak dan mendesak, sehingga menuntut mahasiswa harus bisa mengelola keuangannya dengan baik. Apalagi sebagian besar mahasiswa merupakan warga rantau yang harus bertempat sementara sesuai domisili universitasnya. Oleh karena itu, pemikiran harus diubah sejak awal agar dapat terbiasa untuk kedepannya.

Menu