Blog categories
Blog search

Alasan Meditasi Sangat Baik Untuk Dilakukan Oleh Siswa

Posted on1 Year ago 219

Pernahkah kamu mendengar istilah meditasi? Meditasi sendiri merupakan sebuah kegiatan dimana kita melatih fokus pikiran, menenangkan pikiran, menyejukkan jiwa dan melepaskan energi-energi negatif yang ada pada diri kita. Kegiatan meditasi umumnya dijalankan dengan duduk tenang dan mengatur pernapasan secara perlahan-lahan dan teratur selama setidaknya 15 sampai 20 menit.

Meditasi ini dapat dilakukan oleh siapapun dimanapun dan kapanpun terutama bagi kamu yang merupakan seorang pelajar. Aktivitas meditasi ini tidak memerlukan peralatan seperti halnya olahraga, hal ini lantaran kegiatan meditasi bisa dilakukan dengan duduk diam. Walau terdengar sepele dan mudah untuk dilakukan ternyata meditasi memiliki banyak sekali manfaat untuk dijalankan. 

Ketika melakukan meditasi tubuh merespon stres dengan melepaskan hormon epinefrin dan non epinephrine yang menyebabkan detak jantung, aliran darah, dan tekanan darah meningkat. Saat bermeditasi kamu akan berlatih mengesampingkan berbagai pikiran negatif yang menyebabkan datangnya stres hal ini membuat Pikiran menjadi lebih tenang dari sebelumnya. 

Baik kamu seorang pelajar yang memiliki beban belajar yang cukup tinggi dan cenderung mudah stress, maka tidak ada salahnya untuk melakukan meditasi di tengah kesibukan dalam belajar. Berikut merupakan manfaat meditasi yang telah kami rangkum.



Mengurangi stres

Meditasi sangat bagus bagi kamu yang merupakan seorang pelajar hal ini karena karena dapat mengurangi tingkat stres siswa. Seperti yang kita tahu siswa dibebani oleh banyak materi dan pembelajaran oleh karena itu tidak jarang mereka mengalami stress. Stres yang berkepanjangan ini dihawatirkan akan mengurangi minat belajar siswa. Dengan meditasi siswa akan lebih bisa mengendalikan rasa stresnya. 

Meningkatkan kebahagiaan

Dengan meditasi jiwa akan merasa lebih tenang karena meditasi membantu kita untuk tetap rileks, mengosongkan pikiran sejenak dan membuang energi-energi negatif. Ketika siswa disuguhkan kita harus meditasi maka kemungkinan mereka mengalami stres berkepanjangan sangat minim. Hal ini lantaran meditasi dapat meningkatkan level kegembiraan batin karena meditasi membantu siswa untuk berfokus pada hasil namun pada proses pembelajaran. 

peningkatan konsentrasi

Meditasi juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Melalui meditasi siswa dapat meningkatkan aktivasi sadar perhatian pada suatu titik tertentu, dengan demikian latihan meditasi itu untuk meningkatkan konsentrasi dalam belajar. Seperti yang kita ketahui meditasi juga mempelajari cara mengendalikan pikiran kita.

Menu