Blog categories
Blog search

Ini 4 cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, pelajar perlu tahu!

Posted on1 Year ago 118

Untuk para pelajar memang sangat dibutuhkan pola pikir yang kreatif dalam menunjang kegiatan sehari-hari baik dalam kegiatan di sekolah maupun di kegiatan sehari-hari. Pengertian berpikir kreatif (Creative Thinking) itu sendiri adalah pola pikir atau cara pandang seseorang dari sudut pandang yang berbeda dari yang biasa dipikirikan oleh orang lain. Terkadang seseorang yang tidak terbiasa akan merasa kesulitan dalam berpikir kreatif karena mindset-nya tidak terbiasa untuk mengolah atau mencari perspektif tentang sesuatu dari beberapa sisi yang berbeda. Tetapi, hal itu dapat dilatih dengan mengikuti beberapa cara berikut untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir kreatif:

  1. Perbanyak Riset terkait apa yang ingin dituju

Dalam berpikir kreatif dibutuhkan wawasan yang luas tentang suatu objek tersebut. Para pelajar disarankan untuk banyak melakukan riset tentang objek tersebut, seperti mencari referensi dari google, blogspot, buku-buku, berita-berita terkini, dll. Dengan banyaknya wawasan yang dimiliki maka semakin memudahkan para pelajar untuk berpikir kreatif karena akan terbiasa melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang sesuai dengan referensi-referensi yang dibaca sebelumnya.

  1. Luangkan waktu untuk Refreshing

Untuk memunculkan ide-ide yang menarik diperlukan kondisi pikiran dan tubuh yang tenang dan segar. Maka dari itu jangan terlalu memaksakan diri dalam mengerjakan sesuatu hingga berlarut-larut tanpa memikirkan kondisi badan sendiri. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjernihkan pikiran (refreshing) sejenak ketika sedang suntuk mengerjakan sesuatu, seperti dapat melakukan peregangan otot (stretching) sejenak sekitar 5-10 menit di sela kesibukan, lakukan jalan santai, pergi berlibur bersama teman dan kerabat dekat, dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan untuk me-refresh pikiran kembali. 

  1. Tuangkan konsep dalam Mindmap

Ide-ide yang telah dipikir haus cepat-cepat dicatat, terdapat banyak konsep dalam emnuangkan ide-ide tersebut. Salah satu cara mendorong seorang pelajar untuk menjadi kreatif adalah dengan membuat mindmap. Ide yang telah dipikirkan tersebut dapat dibuatkan mindmap singkat agar lebih jelas pembagian aspek-aspek dari ide tersebut dan dapat membuka pikiran individu tersebut lagi dalam memecahkan suatu masalah yang ada dalam ide tersebut.

  1. Diskusi dengan teman

Lakukan diskusi dengan teman dekat, bentuk kelompok untuk bersama mendiskusikan hal tersebut. Dengan membentuk kelompok belajar seperti itu dapat membuka pikiran masing-masing dalam memberikan saran yang lebih kreatif lagi.

Menu