Blog categories
Blog search

6 Prospek Kerja Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum, Tertarik?

Posted on1 Year ago 190

Diplomat

Seorang diplomat merupakan orang yang bekerja di Kementerian Luar Negeri yang ditugaskan di suatu negara untuk menjalankan hubungan politik antara negaranya dengan negara lain. Untuk menjadi seorang diplomat, kamu harus mengerti hukum yang berlaku di negaramu maupun negara yang menjalin kerjasama dengan negaramu. Bisa dikatakan seorang diplomat harus mengerti aturan dan hukum ketatanegaraan dan kaidah diplomasi. 

Notaris

Notaris merupakan seseorang yang memiliki wewenang untuk membuat surat-surat atau akta otentik. Biasanya hal-hal yang mereka tangani yaitu seputar pembuatan akta warisan, akta pendirian perusahaan, akta perjanjian antara suatu pihak dengan pihak lainnya dan masih banyak lagi. Perlu diketahui setiap akta yang ditangani oleh seorang notaris bersifat otentik dan resmi. 

Menjadi seorang notaris merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan, pasalnya seperti yang kita ketahui setiap orang membutuhkan seorang notaris untuk menangani berbagai kebutuhan mereka terkait kepemilikan, pengesahan perjanjian dan masih banyak lagi. Oleh karena itu jika kamu adalah seorang mahasiswa jurusan hukum maka tidak ada salahnya untuk mencoba pekerjaan ini.  

Dosen

Dosen merupakan seorang tenaga pengajar yang berada di suatu universitas. Bagi kamu yang menyukai dunia pendidikan kamu bisa mencoba untuk menjadi seorang dosen. Namun perlu diketahui, menjadi seorang dosen setidaknya kamu harus memiliki gelar pendidikan S2 terlebih dahulu. 

Pendidikan merupakan hal yang paling penting untuk dijunjung tinggi oleh karena itu dosen merupakan pekerjaan yang sangat mulia, hal ini karena mereka memiliki tugas untuk mencerdaskan anak bangsa. 

Jaksa

Seorang jaksa memiliki tugas yang berat, hal ini lantaran dia harus selalu bersikap adil dan mempertanggungjawabkan setiap tuduhan yang ia lontarkan. Seorang jaksa merupakan orang yang menyampaikan dakwaan atas tuduhan untuk seseorang yang sudah melakukan tindak kejahatan maupun pelanggaran. Untuk menjadi seorang jaksa setidaknya kamu harus menyelesaikan masa studi di jurusan S1 Ilmu Hukum. Tak hanya itu menjadi jaksa tidaklah mudah, kamu harus mengikuti seleksi rekrutmen Calon Jaksa Kejaksaan Republik Indonesia. 

Hakim

Pernahkah kamu melihat suatu persidangan? Dalam suatu persidangan ada berbagai tenaga hukum namun yang memiliki tingkat tertinggi yaitu seorang hakim. Hakim merupakan seseorang yang memimpin suatu persidangan dan memberi keputusan atas setiap kasus. Seorang hakim memiliki tanggung jawab yang cukup berat karena merupakan tonggak dari hukum. Ia juga harus memiliki dedikasi yang tinggi guna memberikan keputusan seadil-adilnya untuk setiap kasus. Bagi kamu mahasiswa jurusan ilmu hukum yang tertarik untuk menjadi hakim, kamu harus menghadapi berbagai proses yang cukup panjang terlebih dahulu.  

Pengacara

Sudah tidak asing lagi, pengacara merupakan prospek kerja yang cukup difavoritkan oleh alumni mahasiswa jurusan ilmu hukum. Seorang pengacara atau advokat merupakan pekerjaan dibidang hukum yang bisa dijalankan secara perseorangan maupun bergabung dengan lembaga hukum. Pengacara memiliki tugas melayani konsultasi hukum dan juga membela hak dari klien. Untuk menjalankan tugasnya ia akan melakukan analisis kasus klien, bernegosiasi, dan mengajukan tuntutan secara hukum untuk membela hak kliennya. 

Menu