Blog categories
Blog search

5 Manfaat Menggambar Bagi Perkembangan Otak

Posted on1 Year ago 130

Melatih Kecerdasan Motorik

Menggambar dapat melatih keterampilan motorik seseorang. Seperti yang kita ketahui menggambar membutuhkan koordinasi antara mata dan tangan. Ketika menggambar seseorang akan menggerakan tangannya untuk membentuk suatu garis, tiktik, memadukan warna hingga akhirnya menjadi gambar yang utuh. Bagi yang baru pertama belajar menggambar mungkin akan sangat sulit untuk membuat suatu karya yang sempurna, namun hal tersebut tentu bisa diperbaiki asalkan rajin berlatih. 

Kecerdasan motorik dengan menggambar juga bisa dilatih dengan belajar menghasilkan berbagai bentuk, semakin sering menggerakan tangan maka semakin bagus. 

Sebagai Media Berekspresi

Ketika sedang menggambar kita dapat menuangkan segala kreatifitas, ide-ide, dan perasaan kita ke dalam satu gambar tersebut. Oleh karena itu menggambar bisa menjadi media untuk kita berekspresi, bahkan dengan menggambar kita bisa meredakan segala stress dan kecemasan yang sedang kita alami. 

Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi

Menggambar bisa menjadi sebuah media untuk berkreasi, dan dengan kreasi tersebut kita juga bisa menyampaikan pesan, emosi, atau bahkan hal-hal yang tidak bisa disampaikan secara verbal. Aktivitas menggambar dapat membantu seseorang yang mungkin memiliki hambatan dalam berkomunikasi seperti memiliki rasa malu atau kurang percaya diri.

Melatih Kesabaran

Menggambar juga bisa menjadi wadah bagi kita untuk melatih kesabaran. Seperti yang kita ketahui untuk membuat sebuah karya yang sempurna dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk berlatih, dan apabila sudah mahir tetap saja menggambar membutuhkan proses mulai dari membuat sketsa hingga finalisasi. Oleh karena itu menggambar bisa kita jadikan sebagai media untuk melatih kesabaran. 

Meningkatkan kreativitas

Ketika menggambar otak kita secara alami akan berpikir kreatif, tak hanya itu kita juga secara alami menuangkan segala imajinasi yang terbentuk di otak. Imajinasi tidak hanya berupa sesuatu yang biasa kita bayangkan, melainkan juga bisa berupa sesuatu yang sebelumnya belum pernah kita lihat, hal ini disebut berpikir out of the box. Oleh karena itu bisa dikatakan kegiatan menggambar dapat melatih kita untuk berpikir kreatif menuangkan segala ide yang direpresentasikan oleh otak ke dalam suatu kertas atau kanvas. 

 

Menu