Blog categories
Blog search

Prospek Kerja Jurusan Hubungan Internasional

Posted on1 Year ago 152

Jurusan hubungan internasional atau yang lebih akrab dengan sebutan HI merupakan salah satu jurusan yang cukup diminati dewasa ini. Oleh karena itu bisa dikatakan jurusan hubungan internasional merupakan jurusan yang banyak difavoritkan. Hal ini lantaran mahasiswa jurusan hubungan internasional dinilai akan memiliki karir yang cerah, karena  jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup luas.

Peluang dan prospek kerja jurusan hubungan internasional sangat terbuka lebar. Bagi kamu yang menyukai sesuatu tentang politik dan berkoneksi maka tidak ada salahnya untuk mencoba jurusan yang satu ini, karena jurusan ini secara tidak langsung memaksamu untuk terus menjalin koneksi dengan berbagai orang. Program studi Hubungan Internasional lebih mengetengahkan pembelajaran yang berkaitan dengan relasi, interaksi, dan komunikasi secara global dan internasional.

Dengan menjadi seorang mahasiswa jurusan hubungan internasional kamu dapat mempelajari hubungan diplomasi yang terjalin di berbagai negara. Tak hanya itu, kamu juga akan membahas tentang isu-isu global. Berikut telah kami rangkum berbagai prospek kerja yang bisa kamu dalami jika menjadi seorang mahasiswa jurusan hubungan internasional. 

Diplomat

Salah satu prospek kerja mahasiswa jurusan hubungan internasional adalah menjadi seorang diplomat. Diplomat sendiri merupakan sosok yang menjadi perwakikilan dari suatu negara yang ditempatkan di negara lain untuk berdinas. seorang diplomat ditugaskan untuk menjalin hubungan baik dengan suatu negara tak hanya itu mereka juga ditugaskan untuk mengatur tugas politik suatu negara. Tugas utama seorang diplomat adalah representing, protecting, negotiating, promoting, dan reporting negara yang menjadikannya sebagai perwakilan. 

Public Relations 

Mahasiswa jurusan hubungan internasional juga bisa menjadi seorang public relation. Seorang dengan pekerjaan sebagai public relation harus memiliki kepribadian dan karakter yang komunikatif dan diplomatis. Oleh karena itu seseorang dari jurusan hubungan internasional akan sangat cocok untuk mengemban tugas sebagai public relation. Seorang public relation dituntut untuk membangun koneksi dan komunikasi dengan berbagai stakeholder, oleh karena itu sosok yang bisa menjalin koneksi dengan berbagai lapisan sangat diperlukan.  

Dosen

Seorang dengan jurusan hubungan internasional juga dapat menjadi seorang dosen loh. Seperti yang kita ketahui untuk menjadi seorang dosen kamu harus memiliki skill komunikasi yang baik, karena seorang dosen berkewajiban untuk menjelaskan setiap materi yang ingin dijabarkan. Tak hanya itu dosen juga mengemban tugas yang sangat mulia karena mengajarkan banyak ilmu kepada orang lain. Kamu bisa menjadi dosen di suatu universitas atau lainnya dengan ilmu yang didapat selama berkuliah. Namun untuk melamar menjadi seorang dosen kamu perlu menyelesaikan pendidikan hingga jenjang strata 2 (S2).  

Menu