Blog categories
Blog search

Mengenal Apa Itu Learning Loss Beserta Akibat Yang Ditimbulkan

Posted on1 Year ago 120

Learning Loss (Kehilangan Pembelajaran) merujuk kepada sebuah kondisi hilangnya sebagian kecil atau sebagian besar pengetahuan dan keterampilan dalam perkembangan akademis yang biasanya diakibatkan oleh terhentinya proses pembelajaran dalam dunia pendidikan. Learning loss menurut The Glossary of Education Reform diartikan sebagai kehilangan atau keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang merujuk pada progres akademis, umumnya terjadi karena kesenjangan yang berkepanjangan atau diskontinuitas dalam pendidikan. Jadi, learning loss adalah kecenderungan menurunnya intesitas pendidikan yang didapat oleh anak yang semakin berkurang bahkan terhenti.

Hal ini tentu akan berdampak pada kualitas pendidikan di Indonesia juga akan menurun. Learning loss memang menjadi topik pembicaran yang sedang sangat ditakutkan saat ini, karena hal tersebut adalah dampak utama dari Covid-19 ini. Di masa covid-19 seperti ini, seluruh sekolah diharuskan melakukan proses belajar mengajar secara daring. Tentu hal itu membutuhkan fasilitas yang lebih memadai seperti sarana belajar yang paling diperlukan adalah handphone/laptop dan tidak semua anak memiliki hal tersebut. bahkan , dibeberapa daerah pelosok banyak anak yang terpaksa berhenti bersekolah karena kesenjangan dan tidak mampu membeli handphone/ laptop dampai tidak memiliki sinyal yang baik sehingga tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar di sekolah. 

Pemerintah harus lebih memperhatikan tentang fasilitas yang harus dimiliki anak saat belajar secara daring seperti ini. Namun, sudah mulai terloiat upaya pemerintah untuk mendukung program kegiatan belajar secara daring ini dengan memberikan subsidi kuota internet kepada pelajar yang akan dikirimkan setiap bulan. 

 Learning loss di Indonesia bisa dibilang adalah masalah yang cukup serius pada saat ini. Jika banyak anak yang terpaksa berhenti sekolah karena ketidaktersediaan fasilitas yang dimiliki dalam belajar disekolah. Sehingga akan berdampak langsung pada tingkat kualitas pendidikan di Indonesia hingga akan berdampak pada perekonomian di Indonesia. 

Akibat yang disebabkan dari learning loss memang akan berdampak pada beberapa aspek kehidupan, seperti aspek perekonomian. Kesenjangan sosial akan menjadi tinggi akibat dari learning loss dikarenakan banyaknya kemungkinan anak yang mengalami putus sekolah amka dikemudian hari banyak pula anak tersebut akan menjadi pengangguran karena tidak memiliki jenjang pendidikan yang baik. Tentunya hal tersebut harus dihindari dan jangan sampai terjadi dikemudian hari. 

Menu